Latest News

2 Hal Penting Agar Balita Sehat

 


Peta kalender Kemenkes, hari ini 8 April 2023 mengagendakan Hari Anak Balita Nasional. 


Anak Balita (bawah lima tahun) memang menjadi perhatian oleh siapapun, karena secara kehidupan sosial merupakan usia lucu lucunya anak dan menggemaskan anggota keluarga yang lain.


Begitupun dengan Pemerintah, melalui Kementerian Kesehatan RI, menetapkan 8 April sebagai Hari Anak Balita Nasional. Peringatan khusus ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran orang tua agar lebih fokus pada kesehatan balitanya, terutama dalam status gizi mereka. 


Karena di usia balita, merupakan 'the golden ages', usia emas untuk seluruh perkembangan organ tubuhnya. Pada usia inilah, awal status kesehatan seseorang nantinya di kemudian hari akan ditentukan. Kalau balita dengan asupan gizi baik, insyaAllah kesehatan ke depan akan baik pula, demikian sebaliknya.



Yang kedua, dalam usia balita harus kita berikan proteksi dasar terhadap beberapa penyakit infeksi yang efek samping akan meninggalkan sequele atau jejas komplikasi penyakit yang berkepanjangan. Jadi beberapa imunisasi dasar harus didapatkan saat balita, yang kesemuanya sudah terprogram di negeri ini.


Dua hal penting inilah yang harus menjadi prioritas para orang tua pada balita nya. Asupan gizi yang memadai dan Pencegahan infeksi, karena akan menjadi penentu kehidupan seseorang dimasa yang akan datang.


Inilah upaya dasar atau beberapa cara dasar, yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan balita :


  1. Memenuhi kebutuhan gizi seimbang sesuai usia.
  2. Berusaha melakukan stimulasi perkembangan.
  3. Memenuhi layanan kesehatan dasar, berikan imunisasi, vitamin A, dan obat cacing sesuai usia.
  4. Memantau pertumbuhan dan perkembangannya secara teratur.


Dengan melakukan itu semua, insyaAllah balita kita akan selalu sehat. Sehingga harapan kita semua, kehidupan ke depan meraka akan lebih sehat. Sehingga generasi muda dan bangsa ini akan lebih cemerlang.



Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.