Latest News

Bising Berdampak Pusing

 

Bising macet

Hari ini 24 April warga dunia menetapkan sebagai Hari Sadar Bising Dunia (International Noise Awareness Day). Peringatan untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak bising yang berlebihan pada kesehatan manusia, lingkungan dan kualitas hidup kita.


Tujuan utama peringatan ini, untuk mengajak masyarakat agar lebih peka terhadap tingkat kebisingan di sekitar kita. Mulai di rumah, di tempat kerja, di jalan raya, atau di lingkungan publik lainnya. Kebisingan yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan tidur, gangguan konsentrasi, stres, gangguan pendengaran, dan masalah kesehatan lainnya.


Dengan meningkatkan kesadaran tentang dampak negatif kebisingan pada kesehatan dan lingkungan, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli dan memperhatikan tingkat kebisingan di sekitar mereka. Dengan demikian, kita semua dapat berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman bagi semua orang.


Sumber kebisingan yang dapat dan sering mengganggu manusia dapat berasal dari berbagai sumber, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Beberapa sumber kebisingan yang sedikit atau banyak mengganggu kita, baik yang kita sadari ataupun yang sudah kita anggap biasa dan umum terjadi adalah :


Lalu lintas

Suara hiruk pikuk kendaraan di jalan raya, baik itu mobil, motor, atau truk dapat menghasilkan kebisingan yang tinggi. Apalagi beberapa kendaraan yang memang sengaja memodifikasi dengan kondisi tertentu.


Alat elektronik

Alat elektronik seperti AC, kipas angin, mesin cuci, dan peralatan rumah tangga lainnya dapat menghasilkan suara yang mengganggu. Walau tidak seberapa keras, tetapi telinga kita terpapar dalam waktu yang cukup panjang.


Konstruksi

Proyek konstruksi, termasuk pembangunan gedung dan jalan, dapat menghasilkan suara yang sangat keras. Dan hal ini jelas mengganggu dan kita harus berusaha menghindarinya.


Industri

Aktivitas industri seperti pabrik, mesin penggiling, atau mesin pemotong dapat menghasilkan suara yang sangat keras. Hal ini jelas berdampak langsung pada para pekerja, dan secara tidak langsung pada sekitar lokasi.


Kegiatan olahraga: Beberapa olahraga seperti balap motor atau balap mobil dan pertandingan olahraga yang lain, dapat menghasilkan suara yang sangat keras. Dan semua itu harus diantisipasi walau hanya beberapa jam saja.


Musik

Konser musik, klub malam, atau bahkan pesta tetangga yang berisik dapat menghasilkan kebisingan yang sangat mengganggu. Pada saat di arena para penikmat mungkin tidak merasakan atau terabaikan, karena tertutup rasa kegembiraan. Justru yang demikian ini membahayakan, karena terbuai oleh euforia kesenangan.


Lingkungan alam

Kebisingan yang berasal dari lingkungan alam seperti petir, badai, atau gempa bumi dapat menghasilkan suara yang sangat keras dan mengganggu. Hal ini memang erat hubungannya dengan sebuah kecelakaan alam.


Dalam lingkungan kerja, sumber kebisingan seperti mesin dan alat-alat industri, alat transportasi, dan aktivitas konstruksi dapat menjadi masalah utama. Sedangkan di lingkungan rumah, alat elektronik dan kegiatan sosial seperti pesta atau pertemuan tetangga dapat menjadi sumber kebisingan yang mengganggu.


Bising yang berlebihan dapat berpotensi menimbulkan dampak negatif pada kesehatan manusia, baik secara fisik maupun psikologis. Berikut adalah beberapa dampak bising pada kesehatan manusia :


Gangguan tidur

Kebisingan yang tinggi dapat mengganggu kualitas tidur dan menyebabkan insomnia, yang dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan gangguan mood. Hal ini berakibat terganggunya interaksi dengan sesama dalam kehidupan.


Gangguan pendengaran

Paparan kebisingan yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada pendengaran dan bahkan kehilangan pendengaran permanen.


Stres

Bising yang terus-menerus dapat menyebabkan stres, yang dapat berdampak pada kesehatan mental dan fisik seseorang. Kondisi ini dapat mempengaruhi keseimbangan hormon, sistem kardiovaskular, dan sistem kekebalan tubuh.


Gangguan kognitif

Bising yang terus-menerus dapat mengganggu konsentrasi, memori, dan kemampuan belajar. Kondisi ini dapat mempengaruhi produktivitas kerja dan kinerja akademik.


Masalah kesehatan mental

Kebisingan yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, dan gangguan psikologis lainnya. Hal ini berdampak pada komunikasi yang kurang baik dengan pihak lain.


Masalah kesehatan fisik

Bising yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. Bisa saja akibat seakan terpacu atau terimbas kebisingan tadi.


Dalam jangka panjang, paparan terus-menerus pada kebisingan yang berlebihan dapat memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan manusia, tidak hanya Indra pendengaran saja. Oleh karena itu, penting untuk mengambil tindakan untuk mengurangi dan meminimalisir kebisingan di sekitar kita, terutama di tempat kerja, di rumah, dan di lingkungan publik lainnya. 


Kita harus saling menghormati hak orang disekitar untuk memperoleh suasana lingkungan yang damai dan tenang. Mengontrol dan mengecilkan volume radio atau musik yang lain, tidak membunyikan klakson kendaraan berlebihan, kecuali dalam keadaan bahaya.



Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.