Latest News

Demam Berdarah Mudah Dicegah





Hari ini 22 April 2023 pada kalender Kemenkes tercantum sebagai Hari Demam Berdarah. Kita semua diingatkan agar selalu waspada terhadap penyakitnya yang disebarkan oleh nyamuk nakal ini.


'Cegah demam berdarah dengan menjaga kebersihan lingkungan'. Hal ini sangat mudah dilakukan oleh setiap warga dunia, khususnya negeri ini. Setiap warga harus menjaga kebersihan sekitar tempat tinggalnya.


Lebih baik mencegah dari pada mengobati, hal ini berlaku untuk setiap penyakit. Mencegah demam berdarah, harus diprioritaskan atau diutamakan. Karena kalau sudah terserang, kondisi dan proses perbaikan kurang bisa diprediksi atau tidak stabil.


Upaya yang sangat mendasar dalam memerangi DBD, sebenarnya sudah sering disosialisasikan dimana mana. Setiap warga pun bisa melakukan dengan menerapkan langkah 3M plus :


1. Menguras tempat yang sering menjadi penampungan air seperti bak mandi, kendi, toren air, drum dan tempat penampungan air lainnya.

2. Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi maupun drum. Menutup juga dapat diartikan sebagai kegiatan mengubur barang bekas di dalam tanah.

3. Memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang)


Langkah 3M itu akan lebih baik lagi kalau dibarengi langkah Plus yang dapat dilakukan, diantaranya adalah :


1. Menggunakan obat anti nyamuk

2. Gotong Royong membersihkan lingkungan

3. Periksa tempat-tempat penampungan air

4. Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk

5. Memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi

6. Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar

7. Meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup

8. Memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras

9. Menanam tanaman pengusir nyamuk


Pada dasarnya, langkah langkah itu Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).


Dan segera memeriksakan apabila mengalami gejala DBD seperti demam tinggi, nyeri otot, hingga mual dan mutah ke dokter, klinik atau fasilitas kesehatan terdekat agar bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.


Kita lawan bersama pemberantasan DBD dengan PHBS dan ProKes secara serentak. Dan kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan. Bila menjumpai warga dengan gejala demam berdarah, segera periksakan ke dokter atau klinik terdekat


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.