Latest News

Dunia Sehat di Era Pasca Pandemi

Ruang operasi

Hari ini 7 April diperingati sebagai Hari Kesehatan Dunia. Seluruh negara di dunia ini sepakat membentuk sebuah Badan Kesehatan Dunia dalam wadah Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organisation, WHO)


Makna kesehatan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Dalam perspektif model biomedis, pada awalnya definisi kesehatan difokuskan pada kemampuan tubuh untuk berfungsi. Kesehatan dipandang sebagai kondisi tubuh yang berfungsi normal yang dapat terganggu oleh penyakit dari waktu ke waktu.


Sebelum tahun 1960, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) definisi kesehatan berubah menjadi 'kesejahteraan fisik, mental dan sosial, dan bukan hanya tidak adanya penyakit dan kelemahan'. Meskipun definisi ini disambut baik oleh beberapa orang dan dipandang inovatif, definisi ini juga dikritik karena tidak jelas, terlalu luas, dan tidak diuraikan dengan terukur.


Beberapa ilmuwan mengajukan definisi kesehatan yang lain, sesuai dengan beberapa argumentasi dan berdasar keilmuan serta penafsiran dan pandangan masing-masing.


Tujuan inti dari Hari Kesehatan Dunia adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah kesehatan global dan mempromosikan tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di seluruh dunia.


Pada tahun pertama pasca pandemi 2023 ini, peringatan Hari Kesehatan Dunia ke-75 tahun, mengangkat tema 'Health for All' yang artinya kesehatan untuk semua.


Tema ini sebagai suatu kesempatan untuk melihat kembali terlewatinya pandemi selama 3 tahun, yang telah 'memporak porandakan' atau 'mengubah' kehidupan seluruh warga dunia. 


Selain itu juga untuk mengevaluasi keberhasilan kesehatan masyarakat yang telah meningkatkan kualitas hidup selama tujuh dekade terakhir. Ini juga merupakan kesempatan untuk memotivasi tindakan untuk mengatasi tantangan kesehatan hari ini dan kedepannya.


Agar terwujud 'kesehatan untuk semua' menjadi kenyataan, diperlukan setiap individu dan semua warga memiliki akses ke pelayanan kesehatan berkualitas tinggi. Sehingga mereka dapat menjaga kesehatan diri dan keluarga, dilayani tenaga kesehatan profesional. Semua itu berdasar kebijakan yang berkomitmen dalam cakupan kesehatan universal.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.