Latest News

Posyandu Awal Universal Health Coverage

 

Pengobatan gratis

Hari Posyandu 29 April


Sebuah langkah dan upaya kesehatan di negeri ini adalah dengan melakukan kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (PosYanDu). Suatu wadah yang memadukan kepentingan pemerintah dan masyarakat pada sektor kesehatan. Kegiatan yang bersifat Jemput Bola sejak tahun 1984 ini, sangat tepat sasaran dan termasuk berhasil sesuai konsep.


Kata 'Pos' sangat merakyat, sehingga kegiatan ini seakan milik rakyat atau masyarakat. Karena memang salah satu kegiatan Posyandu adalah pembentukan 'Kader' kesehatan yang berperan sebagai kepanjangan tangan pemerintah, agar mudah diterima oleh masyarakat.


Pokok kegiatan dalam Posyandu adalah

1.Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

2.Keluarga Berencana (KB)

3.Imunisasi

4.Gizi

5.Penanggulangan Diare


Hal ini disederhanakan dan sesuai konsep 3F (Female Education, Family Planning, Food Suplementation) dan BIG O (Breast Feeding, Immunization, Growth Monitoring, Oral Rehydration).


Kalau melihat kegiatan pada awal Posyandu seperti itu, betapa negeri ini dulu level kesehatannya benar benar harus ditingkatkan. Oleh karena itu kita patut bersyukur bahwa pada saat ini kita sudah melangkah pada era Universal Health Coverage.


Universal Health Coverage (UHC), menurut WHO, adalah menjamin semua orang mempunyai akses kepada layanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang dibutuhkan, dengan mutu yang memadai sehingga efektif, disamping menjamin pula bahwa layanan tersebut tidak menimbulkan kesulitan finansial penggunanya.


Di awal kegiatan Posyandu, pernah dikenal '5 Meja Posyandu',

Meja 1: Pendaftaran

Meja 2: Penimbangan

Meja 3: Pengisian KMS

Meja 4: Pengobatan ringan

Meja 5: Konsultasi KB


Kita juga mengenal 'Sapta Krida Posyandu', 7 Kegiatan Utama Posyandu,

1.Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

2.Keluarga Berencana (KB)

3.Imunisasi

4.Peningkatan Gizi

5.Penanggulangan Diare

6.Sanitasi Dasar

7.Penyediaan Obat Esensial


Telinga kita semua juga pasti mengenal dan tidak akan melupakan gaung lagu yang viral pada jaman itu di manapun berada, lagu Aku Anak Sehat.


Itulah potret penataan kesehatan awal di negeri ini, yang harus ditingkatkan dan disempurnakan. Dan setelah melangkah lebih dari 3 dekade, tujuan yang diidamkan terkait kebijakan kesehatan semakin terlihat terang serta berkeadilan.


Posyandu yang merupakan salah satu perintis pembangunan disektor kesehatan di negeri ini, telah berkontribusi positif. Terutama peran para 'Pahlawan Kader Kesehatan' yang tak kenal lelah menjembatani antara pemerintah dan masyarakat yang sedang membutuhkan pertolongan kesehatan.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.