Latest News

Bidan Berjuang Sehatkan Ibu dan Bayi

 

Bidan

Hari Bidan Nasional 24 Juni 2023


Bidan memiliki lisensi sebagai tenaga kesehatan yang menolong persalinan, dan berperan sangat vital. Sebuah persalinan, sekaligus harus menghadapi dua tanggung jawab. Yang pertama kepada ibu melahirkan, dan pada saat yang bersamaan harus pula bertanggung jawab pada bayi yang baru dilahirkan.


Tanggung jawab itu berkaitan erat dengan indikator kesehatan negeri ini. Keduanya merupakan fokus permasalahan yang sangat serius keberhasilan kesehatan di negeri ini. Karena keduanya perlu koreksi dan perbaikan yang tidak semudah yang kita bayangkan.


Angka Kematian Ibu melahirkan masih perlu upaya yang lebih keras lagi dari hari ini. Dan lebih lagi hal ini diikuti oleh belum menurunnya Angka Kematian Bayi, yang keduanya seakan sejalan. Padahal tidak mutlak keduanya itu harus berada ditangan seorang bidan saja.


Sampai di ujung pelosok yang sulit terjangkau pun, tenaga kesehatan bidan sudah tersebar. Minimal satu bidan di setiap desa, sampai ada sebutan Bidan Desa.


Tidak hanya AKI dan AKB saja yang cukup berat. Hampir semua program kesehatan yang terkait dengan ibu atau bayi sampai anak, seakan melekat pada tugas bidan. Termasuk imunisasi dasar pada bayi, dilakukan oleh tenaga kesehatan garda depan bidan.


Beberapa Program Nasional atau ProgNas, juga menyertai bidan dalam melaksanakan tugasnya. Termasuk peningkatan gizi bayi untuk memerangi stunting semaksimal mungkin. Tentunya dengan saling dukung dengan tenaga kesehatan lain.


Semua tenaga kesehatan secara sinergi, perangi bersama program yang terkait Stunting, dengan cara meningkatkan kesehatan seluruh lapisan masyarakat. 


Selamat berjuang dengan penuh tantangan para bidanku.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.