Latest News

Bunga Turi Kaya Gizi

 

Bunga turi

Pecel merupakan makanan khas negeri ini, khususnya di wilayah Jawa. Campuran dari beberapa sayur rebus, num terkadang tidak direbus. Salah satu sayur adalah bunga turi.


Turi yang berdaun majemuk atau Sesbania grandiflora diduga berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, dan saat ini telah tersebar ke berbagai daerah tropis dunia.


Turi merupakan pohon berkayu lunak dan berumur pendek. Tinggi bisa sampai sekitar 12 m, akarnya berbintil dan berguna untuk menyuburkan tanah. Bunganya besar dan berbentuk seperti kupu kupu berwarna merah atau putih dan ada juga kombinasi keduanya, serta kuncupnya berbentuk sabit. 


Pada umumnya bunga turi yang masih muda dapat dimakan sebagai sayur setelah direbus terlebih dahulu. Bunga turi terasa gurih dan manis, sehingga sangat digemari sebagai sayuran campuran pecel yang pedas. Dengan menambahkan bunga turi sebagai sayuran, pecel akan memiliki nilai lebih dan semakin dicari para pembeli.


Banyak pecinta pecel yang memburu bila sayurnya ditambah dengan bunga turi. Karena tidak sedikit masyarakat yang meyakini bahwa bunga turi memiliki khasiat yang cukup istimewa. Oleh karena itu kan tidak semua penjual menyediakan dan melengkapi dengan bunga turi.


Manfaat bunga turi bagi kesehatan tubuh manusia :


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bunga turi juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C walau sedikit yang terdapat pada bunga turi mampu meningkatkan produksi sel kekebalan tubuh, sehingga imun tubuh lebih meningkat dan tahan terhadap infeksi dan penyakit.


Menjaga Kesehatan Tulang

Bunga turi juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium pada bunga turi dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, sehingga bisa mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.


Menjaga Kesehatan Jantung

Bunga turi juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dan magnesium yang terdapat pada bunga turi dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit jantung tertentu, seperti hipertensi dan stroke.


Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Bunga turi juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang terdapat pada bunga turi dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.


Menjaga Kesehatan Kulit

Bunga turi juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan E dapat membantu menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit, sehingga kulit tetap sehat dan terhindar dari keriput.


Menjaga Kesehatan Mata

Bunga turi juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang terdapat pada bunga turi dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya penyakit mata, seperti katarak.


Menurunkan Kadar Gula Darah

Bunga turi dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid dan fenolik yang terdapat pada bunga turi. Kedua senyawa tersebut dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada sel tubuh, sehingga kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik.


Menambah dan Melancarkan ASI

Bagi ibu menyusui yang sulit memproduksi ASI atau keluarnya sedikit bisa diatasi dengan mengkonsumsi bunga turi.


Khasiat bunga turi sangat bermanfaat bagi kesehatan, namun kita tidak bisa hanya mengandalkan bunga turi saja. Masih banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan tubuh yang harus kita waspadai. 


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.