Latest News

Jambu Air Manis dan Renyah

 

Jambu air

Negeri ini kaya dengan tanaman berbagai jenis buah, namun tidak sedikit pula buah negeri lain yang hadir. Kita harus bersyukur buah yang dipetik oleh petani buah kita, masih saja dicari warga yang membutuhkan buah.


Banyak kios buah yang seakan hanya menawarkan buah 'kekinian' saja. Dan banyak pula anak muda yang kurang mengenal jenis buah 'masa lalu'. Mereka hanya sering melihat buah tertentu di kios saja, dan tidak mengetahui yang lain. Bahkan tidak sedikit juga yang belum pernah merasakan buah aslinya, walau rasa buahnya sering mereka nikmati, misalnya rasa jeruk, tetapi tidak pernah mencicipi jeruk aslinya.


Juwet, Kesemek, Manggis, Jambu Air, Sawo dan masih banyak lagi, adalah sebagian dari buah 'masa lalu' yang sebagian besar tidak mereka kenal, apalagi merasakan. Itulah beberapa jenis buah yang tersedia di negeri ini sejak dahulu, dan seakan menghilang sejak hadirnya buah dari negeri lain.


Jambu Air salah satu buah yang mudah tumbuh di daerah tropis, yang sudah lama tenggelam oleh buah lain yang lebih 'keren'. Padahal Jambu Air tidak kalah lezat dan segar serta mengandung nutrisi yang sehat bagi kesehatan tubuh kita.


Jambu air termasuk dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae dan berasal dari Asia Tenggara. Jambu air yang banyak dikenal dan populer saat ini adalah jambu semarang (Syzygium samarangense), dan banyak pula varian budidaya yang lain, dikenal dengan jambu air atau jambu.


Jenis jambu air termanis saat ini adalah Jambu Kesuma Merah. Jambu air ini merupakan salah satu jambu madu air unggulan yang memiliki buah berwarna merah. Jambu air ini juga memiliki daging yang tebal bahkan saking tebalnya lubang bijinya hampir tidak ada, sehingga dagingnya padat dan sangat renyah.


Jambu ini juga mengandung berbagai nutrisi penting dan kaya akan vitamin C, serat, vitamin A, kalium, dan antioksidan. Vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sementara serat membantu menjaga pencernaan yang sehat. Antioksidan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sedangkan kalium penting untuk fungsi otot dan kesehatan jantung.


Jambu air, khususnya Jambu Kesuma Merah, selain rasanya manis dan renyah seperti apel, bisa melengkapi kebutuhan nutrisi kita. Unsur nutrisi organik yang terkandung di dalamnya sangat mendukung terjaganya kesehatan tubuh kita.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.