Latest News

Medsos Beretika

 

Telepon

Dua hari yang lalu, 10 Juni, ada yang mencatat sebagai Hari Media Sosial. Pencatatan itu dimulai sejak 8 tahun yang lalu, 10 Juni 2015. Gagasan ini memang agak ‘unik’, karena melihat realita penggunaan media sosial di negeri yang serba majemuk ini.


Begitu juga perilaku warga net yang tidak jarang diluar batas kewajaran, sehingga dirasakan perlunya edukasi bermedsos agar lebih bijak. Itulah antara lain tujuan HMS ini, walau sebenarnya masih banyak lagi.


Banyak tersedia sarana medsos, mulai perangkat keras atau smartphone, yang bisa didapatkan dari ratusan ribu saja sampai yang puluhan juta. Hal ini bisa juga dijadikan sebagai simbol level sosial seseorang yang memiliki. 


Ribuan perangkat lunak atau aplikasi tersedia dan dengan mudah di download oleh siapapun, termasuk anak di bawah umur, yang mestinya belum layak mengoperasikan gadget. Hal ini juga sarat dengan dampak, yang karena ketidak tahuannya, tidak sedikit kasus yang bisa mengarah pada kriminal.


Banyak anggapan di masyarakat luas bahwa sesuatu yang viral di medsos adalah sebuah kesuksesan. Sehingga sering terjadi, unggahan yang bertebaran di dunia maya penuh dengan hal yang mestinya tabu atau kurang pantas, bahkan tidak beretika, asal bisa viral. Dan anehnya, banyak masyarakat yang merespon, bahkan seakan memberikan dukungan. 


Di era revolusi industri 4.0 dan era society 5.0, ilmu komunikasi masih sedikit sekali difahami masyarakat luas pengguna medsos. Sehingga sangat banyak materi medsos yang bertebaran di dunia maya tergolong hoax. Hal ini bisa berdampak menjadi resiko besar terhadap individu maupun golongan atau masyarakat luas. Berakibat terjadinya fitnah, keresahan, perselisihan, perpecahan, kerugian materi dan lainnya.


Dengan adanya HMS ini, diharapkan semua pelaku medsos yang beragam usia, karakter dan beragam semuanya, lebih bisa mawas diri agar tidak terjadi hal yang tidak diharapkan.


Selain akhlaq, karakter dasar dan budi pekerti yang baik, dalam era ini dan dalam bermedsos, kita harus lebih memahami dan menguasai 3K, Kreatif Kritis Komunikatif.


Semoga kita selalu sehat (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.