Latest News

Mood Swing, Cara Mudah Mencegahnya

 




Oleh : D-Ning


Mood swing adalah perubahan suasana hati yang jelas terasa atau terlihat.

Mood swing merupakan hal yang normal jika sesekali terjadi.

Namun bila sering terjadi dan sampai mempengaruhi kehidupan pribadi, ada kemungkinan  kondisi ini terkait dengan gangguan kesehatan mental.


Pada dasarnya, perubahan mood dan emosi ini bisa saja terjadi sesekali dan hal ini tidak disebabkan oleh kelainan tertentu. Pada anak-anak, mood swing biasanya bisa membuat anak menjadi lebih rewel atau tantrum.

Orang dengan tipe kepribadian sanguinis disebut lebih cenderung mudah mengalami mood swing. 


Tanda-Tanda Mengalami Mood Swing

Apabila perubahan suasana hati terjadi secara drastis, sering, berlarut-larut, dan hingga menganggu aktivitas, hal ini perlu diwaspadai. 


Contohnya adalah mood swing yang berlangsung selama beberapa hari atau lebih, membuat Anda menjadi sangat senang dan sedih secara tidak terkontrol, impulsif, sangat mudah tersinggung, dan tidak bisa tidur, atau bila perubahan mood sampai mengganggu kegiatan sehari-hari dan merusak hubungan dengan orang terdekat.


Apabila mood swing mencapai tingkatan yang lebih parah, seperti menimbulkan rasa ingin melukai diri sendiri atau mengakhiri hidup ini merupakan pertanda adanya gangguan kesehatan mental.

Penyebab Mood Swing

Beberapa penyebab seseorang mengalami mood swing, di antaranya ialah:

1. Kondisi hormon

Remaja, wanita hamil, dan wanita menopause adalah kelompok yang memiliki kemungkinan besar mengalami perubahan suasana hati terkait perubahan hormon.

2. Ketidakseimbangan kimia otak

Mood swing bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan zat kimia otak yang mengatur suasana hati. 

3. Penyakit tertentu

Menderita penyakit tertentu juga menjadi faktor yang mendasari kemunculan mood swing. 

4. Gangguan mental

Gangguan mental yang sering kali dikaitkan dengan keluhan mood swing adalah depresi, gangguan bipolar, gangguan kepribadian ambang, skizofrenia, dan ADHD.


Selain beberapa penyebab di atas, kecanduan atau penyalahgunaan obat-obatan terlarang seperti kokain dan minuman keras, serta efek samping obat-obatan tertentu juga bisa menimbulkan mood swing.


Cara Mengatasi dan Mencegah Mood Swing

Jika perubahan emosi ini tidak sampai mengganggu kehidupan sehari-hari, mood swing biasanya bisa mereda sendiri tanpa perawatan khusus. Meski begitu, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mencegah munculnya perubahan mood ini, yaitu:


Menjalani gaya hidup sehat

Menerapkan pola hidup yang sehat, bisa mencegah dan mengatasi mood swing, terutama yang disebabkan oleh perubahan hormon atau PMS. Olahraga teratur, tidur yang cukup, konsumsi makanan sehat, dan mengelola stres, dapat membantu menjaga mood tetap stabil.


Membuat mood diary

Jika mood swing sering dirasakan, amati tiap kali perubahan suasana hati ini terjadi, kapan waktunya dan apa alasannya. Kemudian catat dalam buku catatan pribadi. Dengan memerhatikan pola-pola tersebut, faktor pemicu mood swing dapat lebih mudah dikenali, sehingga bisa dihindari.


Berkonsultasi ke pskiater atau psikolog

Untuk mood swing yang parah atau sangat sering terjadi, hingga menyebabkan gangguan aktivitas sehari-hari, sebaiknya dikonsultasikan pada pskiater atau psikolog. Psikiater atau psikolog dapat membantu Anda mengindentifikasi penyebab mood swing sekaligus memberikan penanganan yang tepat.


Mood swing yang disebabkan oleh gangguan mental sulit sembuh dengan sendirinya. Tanpa penanganan medis, sering kali kondisi penderita menjadi semakin buruk.


Pasien dengan mood swing dapat menjalani sesi konseling, dan setelah faktor penyebabnya diketahui, dokter akan memberikan penanganan, baik dengan psikoterapi maupun pemberian obat-obatan.


Semoga kita selalu sehat. (Dning)


Sumber psikologi ui.ac.id

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.