Latest News

Musik Hepi Generasi Genggam

 

World Music Day

'Melepaskan Harmoni : Merayakan Hubungan Budaya', merupakan tema Hari Musik seDunia tahun 2023, yang diperingati setiap 21 Juni hari ini. Tema yang penuh semangat untuk lebih mempersatukan melalui jalur budaya, khususnya musik.


Musik merupakan bentuk ekspresi artistik serta jiwa yang melibatkan kombinasi suara, ritme, melodi, dan harmoni. Hal ini mencakup penggunaan alat musik, suara vokal, dan elemen lainnya untuk menciptakan pengalaman mendengarkan yang menyenangkan, emosional, dan menggugah.


Musik telah ada sejak zaman kuno dan menjadi bagian integral dari budaya manusia di seluruh dunia. Ini memiliki peran yang beragam dalam kehidupan manusia, termasuk hiburan, ekspresi pribadi, ritual keagamaan, komunikasi, dan identitas budaya.


Kita tengok setahun yang lalu, tema World Music Day tahun 2022 lalu adalah 'Music at Intersections', dengan terjemahan bebas 'Musik di Persimpangan'.


Bisa kita rasakan, sejak awal milenium ini pakem atau tatanan musik dunia mulai berubah. Kalau sebelumnya seakan memiliki mainstream yang baku, sejak saat itu terjadi kebebasan. Terlebih lagi setelah munculnya Smartphone, dan hampir setiap orang menggenggamnya.


Sebelum tahun 2000, industri musik sangat menjanjikan, tetapi hanya dikuasai oleh beberapa orang saja. Memasuki milenial ke 3 ini, industri musik 'berantakan', turut 'tergilas' oleh smartphone. Namun semuanya itu mempunyai hikmah yang baik serta lebih merata.


Kalau zaman dulu, penyanyi suaranya harus enak, harus cantik dan harus lulus tes dulu, pakaian harus bagus dan modis agar bisa masuk dapur rekaman. Di Era Revolusi Industri 4.0 dan Era Society 5.0 ini, tidak perlu persyaratan ketat seperti itu. 


Saat ini, siapapun dengan kondisi apapun bisa menjadi penyanyi serta rekaman dengan gaya apapun. Bisa pula siaran langsung atau siaran tunda, yang hasilnya bisa diterima saat itu juga di belahan dunia manapun tanpa edit ataupun dengan editing.


Termasuk dalam ekspresi bermusik. Kalau dulu hanya bisa lewat studio khusus rekaman, dan itupun tidak mudah serta hanya bisa ditembus beberapa orang saja. Saat ini semua lokasi baik indoor maupun outdoor, rapi atau berantakan, dan dengan situasi dan kondisi apapun, bisa rekaman dan langsung tayang real time.


Salah satu hikmah pada Era Gen Z ini, siapapun bisa berekspresi Musik hanya dengan gadget di genggaman kita. Dan tidak ada batasan bagi siapapun untuk mengekspresikan jiwanya dalam bermusik lewat genggamannya.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.