Latest News

Alasan

 


Oleh : BundaSriMin 


Alasan menurut KBBI berarti 1) dasar; asas; hakikat · 2) dasar bukti (keterangan) yang dipakai untuk menguatkan pendapat (sangkalan, perkiraan, dan sebagainya), jadi alasan dapat digunakan sebagai motivasi kuat untuk melakukan aktivitas ataupun menolak dan menghentikannya. 


Ada daerah di Jepang yg penduduk nya rata² berusia 90 tahun aktif berkegiatan atau masih produktif sehat, berdasarkan hasil penelitian mereka memiliki alasan dalam beraktivitas, artinya telah memiliki perencanaan dan tujuan serta dasar dari semua kegiatan yg akan dilakukan, jadi tidak ada istilah "mager".


Alasan sebagai modal dasar agar terhindar dari kemalasan, yang kadang hadirnya sulit terhindarkan, sebagai ilustrasi: Seorang pemuda rela mendaki gunung dan  menyeberangi lautan dalam menggapai cintanya artinya cinta sebagai suatu alasan.


Seorang suami rela berjauhan dengan istri yg dicintai untuk menunaikan tugas dan menjemput rejeki guna memenuhi kebutuhan keluarga, artinya tugas dan menjemput rejeki sebagai alasan aktivitas dilakukan

 

Dalam rangka menggapai ridlo-Nya, banyak manusia yg berjaga di sepertiga malam sambil menengadahkan tangan dan deraian air mata karena adanya suatu kesadaran atas banyak nya nikmat yg telah dikaruniakan tapi masih sedikit rasa syukur, artinya kesadaran juga bisa menjadi alasan.


Alasan menjadi dasar dalam banyak hal, atau niatan utama menggapai cinta dan harapan serta tindakan,  karenanya mendekat pada sang pengendali jiwa sangatlah utama, agar arah kehidupan tetap pada jalur kebenaran dan suara hati nurani.


Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin

Semoga bermanfaat

Semoga kita selalu sehat 


Purwosari, 18 Juli 2023

SriMinarti10Bjn

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.