Latest News

Anak Cerdas Harus Dengan Gadget?

 

Hari Anak Nasional

Hari ini tanggal 23 Juli, diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Dan pada tahun 2023 ini memilih tema 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju'.

Semangat dari tema ini pada umumnya untuk melindungi anak dari segala hal. Karena semua anak negeri ini, merupakan penerus estafet bangsa. Derap dan laju bangsa di masa depan, akan sepenuhnya dikendalikan oleh mereka yang saat ini masih anak anak.

Kita telah masuk Era Society 5.0, dan seakan dunia ini sangat dibanjiri serta dikuasai oleh aneka Gadget. Semua orang memegang erat smartphone dan bahkan anak anak tidak bisa dipisahkan dari smartphone. 

Kita tidak kuasa melarangnya, namun kita harus bisa mengendalikannya. Dengan mengarahkan serta memberi contoh memanfaatkan smartphone yang selalu digenggamnya dengan baik, akan menjadi nilai tambah kecerdasannya, menuju gerbang generasi emas mendatang.

Kita perangi sikap merunduk, yang berarti terlalu fokus bahkan terpaku atau terbelenggu oleh smartphone. Sehingga kurang atau tidak peka terhadap situasi sekitarnya. Kita harus memberi pencerahan agar peduli terhadap situasi sekitar, tidak tetap merunduk dengan smartphone nya.

Kita berusaha untuk mencetak anak menjadi penuh kreasi dalam IT, bukan hanya menikmati. Menciptakan sarana dan prasarana yang terkait dengan smartphone. Sehingga menjadi insan pengendali IT, dan bukan dikendalikan oleh IT.

Anak memang selalu tumbuh menjadi orang dewasa. Tetapi anak bukanlah miniatur orang dewasa. Anak memiliki dunia tersendiri, yang nantinya bisa menentukan kemana arah kehidupan selanjutnya. Oleh karena itu sangat vital menentukan arah pola asuh anak, yang saat ini dalam proses tumbuh kembang, agar nantinya menjadi seorang dewasa dengan kepribadian yang matang. Serta mencegah dan menjauhkan anak negeri ini menjadi korban kekerasan apapun termasuk diskriminasi sosial.

Kita jadikan Hari Anak Nasional ini, sebagai momen agar semua komponen bangsa ini mewujudkan perlindungan anak, termasuk mewujudkan lingkungan yang aman dan ramah anak di seluruh negeri, terutama di pedesaan. Kita harus menjauhkan anak anak dari korban kekerasan, perkawinan usia dini dan pekerja anak.

Semoga semua orang tua di negeri ini terbuka hatinya serta wawasannya, agar lebih memahami kehidupan dan dunia anak. Menyayangi anak, bukan berarti harus menuruti semua keinginan anak. Namun kita harus melakukan pola asuh yang benar, mana yang seharusnya dipenuhi serta sesuatu yang harus dijauhkan. Membekali ilmu yang bermanfaat, jauh lebih baik dari pada gadget yang baik.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.