Latest News

Anggur Menyehatkan Jantung

 

Anggur

Berbagai buah yang kita kenal, memiliki khasiat beraneka ragam pula. Dan kita bisa memilih sesuai favorit atau tujuan tertentu menurut khasiat yang dikandung buah itu. Buah bisa kita santap langsung atau diolah dengan berbagai cara, dan bisa juga sebagai salah satu unsur dari sebuah resep makanan yang lebih menarik dan lebih lezat.

Kita semua juga sudah mengenal buah Anggur, buah yang bergerombol dengan nama Vitis Vinifera. Anggur mempunyai banyak varietas dengan berbagai bentuk, warna serta beraneka rasa, dan tentunya dengan khasiat khusus pula. Selain dimakan langsung, anggur yang termasuk keluarga Vitaceae, enak di jus, untuk jelly, minuman anggur serta kismis.

Anggur dikenal sejak ribuan tahun lalu, dan tercatat pada sekitar 2500 SM di Mesir, serta berkembang dengan baik di wilayah Laut Tengah atau negara Timur Tengah. Nilai ekonomis Anggur menjadi lebih tinggi dengan olahan sebagai minuman. Namun banyak masyarakat yang memilih mengkonsumsi buah anggur segar. Saat ini anggur bisa didapatkan di mana kita berada.

Buah anggur, selain sebagai simbol status sosial atas, kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B6, vitamin A, serat, kalium, dan antioksidan seperti resveratrol. Nutrisi ini bermanfaat serta penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung berbagai fungsi tubuh.

Buah anggur mengandung senyawa polifenol, terutama resveratrol, yang merupakan antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

Anggur kaya akan flavonoid, serat, dan kalium, yang semuanya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Konsumsi rutin buah anggur dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi peradangan, yang pada gilirannya dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Buah anggur mengandung serat, baik serat larut maupun tidak larut, yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu mengatur pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah anggur bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Antioksidan membantu melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi, sedangkan vitamin C membantu dalam produksi kolagen yang penting untuk menjaga kekencangan dan kelembapan kulit.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa resveratrol dalam buah anggur dapat memberikan manfaat bagi fungsi otak. Resveratrol dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan, meningkatkan aliran darah ke otak, dan membantu dalam mencegah gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Namun kita harus memahami bahwa khasiat anggur tidak datang dengan tiba tiba atau dalam waktu yang cepat. Jadi manfaat itu tidak berlaku secara instan hanya dengan mengkonsumsi buah anggur saja. Yang lebih penting adalah melaksanakan pola hidup sehat, termasuk makan yang higienis dan seimbang, bukan hanya anggur saja.

Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.