Latest News

Bawang Putih Melunturkan Kolesterol

 

Bawang putih

Masakan tanpa garam, rasanya hambar. Tetapi akan lebih enak lagi, kalau ditambah dengan bawang putih. Dan akan semakin terasa lezat kalau berimbang komposisinya. Apalagi kalau semua bahan terukur secara akurat.


Bawang putih merupakan salah satu bahan yang digunakan sebagai bumbu masakan. Hampir setiap masakan di manapun di dunia ini memakai bawang putih. Malah terkadang mendominasi rasa sebuah masakan, untuk melezatkan masakan.


Selain itu, bawang putih memiliki khasiat sebagai obat herbal atau tradisional yang juga sudah dikenal sejak dahulu kala. Antara lain sebagai terapi 'ajaib' pada saat sakit gigi tertentu, oleh orang dengan keahlian khusus.


Bawang putih dengan nama ilmiah Allium sativum atau garlic adalah jenis 'umbi' yang sudah digunakan oleh manusia selama 'ribuan' tahun lalu. Diperkirakan berasal dari Asia Tengah, namun sudah lama juga menyebar dan digunakan di seluruh penjuru dunia.


Kandungan khas pada bawang putih yang disebut allin banyak berkhasiat dan berperan bagi dunia kesehatan. Demikian pula berbagai testimoni banyak kita temui di berbagai medsos.


Beberapa manfaat yang banyak diyakini orang, bawang putih bisa membantu melawan beberapa penyakit. Oleh karena itu banyak yang menjadikan sebagai suplemen pendukung penyembuhan. Bahkan yang mentah, 'bawang lanang' banyak di'kremus' orang untuk 'melunturkan' kolesterol.


Ada pendapat, bawang putih harus disediakan dalam bentuk acar, dan masih banyak yang lain lagi. Beberapa tahun yang lalu sempat viral, bawang putih ditaruh di dalam rice cooker sampai berwarna kecoklatan, bisa menyembuhkan penyakit jantung, paru, cancer dan AIDS.


Saat puncak pandemi tahun 2021 lalu, juga sempat diyakini sebagai salah satu herbal yang mencegah covid-19. Yang paling diyakini adalah sebagai penurun dan mencegah kolesterol, koroner serta menurunkan tekanan darah tinggi.


Semua itu masih berupa pendapat, pengalaman dan keyakinan orang, belum diuji secara tuntas. Mungkin beberapa riset sudah dilakukan. Tetapi penentuan akurasi final belum diperoleh. 


Oleh karena itu, apabila akan memanfaatkan, gunakan sebatas yang aman saja. Artinya tidak terlalu euforia dan berlebihan, misalnya, agar cepat sembuh, menggunakan bawang putih secara berlebih.


Yang paling aman adalah menggunakan sebatas bumbu masakan atau mungkin bisa ditingkatkan seperlunya. Selain gizi makanan yang kita dapatkan, kita juga sudah memanfaatkan kandungan zat yang terdapat di dalam bawang putih.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.