Latest News

Bayam Sumber Stamina

 

Pecel bayam

Makanan kita akan lebih menyehatkan bila dilengkapi dengan sayur. Di negeri ini, tidak perlu dikhawatirkan kekurangan bahan sayur. Banyak jenis tanaman di sekitar kita yang bisa diolah untuk dijadikan sayur. Hampir semua bahan sayuran yang dikonsumsi itu, juga berkhasiat sebagai obat atau terapi tertentu.


Negeri ini memang kaya dengan bahan makanan yang menyehatkan serta berkhasiat sebagai terapi. Hampir setiap tanaman bisa kita manfaatkan untuk makanan tunggal ataupun sebagai pelengkap. Kombinasi beberapa sayur yang khasiatnya saling menguatkan.


Bayam jenis tanaman yang banyak dan mudah tumbuh di sekitar kita, sudah cukup lama dikonsumsi oleh para pendahulu kita. Tanaman yang konon berasal dari benua Amerika dengan nama ilmiah Amaranthus ini, sedikitnya mempunyai tujuh spesies atau 7 macam. Bayam sangat mudah tumbuh serta sudah tersebar di seluruh pelosok negeri ini. Tumbuh dengan subur dan mudah dibudidayakan.


Bayam sangat kaya serat dan zat besi, serta menjadi simbol kekuatan, terutama dalam film kartun Popeye. Dalam kisah Popeye, sesungguhnya memberi pesan moral atau memberi semangat pada anak-anak agar mau memakan sayur. Khususnya bayam sebagai kelengkapan gizi kebutuhan tubuh, agar stamina kita selalu terjaga dengan baik.


Bayam dikonsumsi masyarakat negeri ini sebagai sayur menir atau sayur bening, sayur bobor, sebagai salah satu sayuran untuk pecel dan masih banyak lagi. Bayam juga bisa diolah menjadi keripik, yang dilapisi tepung tertentu, sebagai camilan atau snek saat santai.


Banyak cara atau inovasi mengolah bayam, yang dikenal dengan sayuran yang kaya serat. Inilah yang menjadikan bayam merupakan salah satu pilihan sebagai makanan untuk diet.

Selain itu, bayam juga mengandung beragam nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, antara lain

1. Beberapa jenis vitamin

2. Beberapa unsur mineral yang di dominasi oleh Fe atau zat besi

3. Beberapa antioksidan 


Ada yang menyebut komposisi kandungan bayam dengan lebih rinci. Namun memang harus dilakukan penelitian yang lebih dalam lagi.

Beberapa manfaat penting dari bayam yang direkomendasikan adalah :


1. Terapi anemia

Sudah sejak lama kita kenal, serta dianjurkan oleh orang tua kita, bahwa bayam merupakan makanan penambah darah. Hal ini karena kandungan 'unggulan' bayam adalah zat besi.


2. Menjaga kekebalan tubuh

Beberapa unsur vitamin antara lain A dan C, serta mineral pada bayam, bisa menjaga dan bahkan meningkatkan stamina atau kekebalan tubuh.


3. Peran antioksidan

Karena adanya antioksidan yang terkandung pada bayam, sedikit atau banyak, akan berperan dalam ikut mencegah atau melawan peradangan, termasuk menjaga kesehatan kulit maupun melawan kanker.


4. Mengawal kesehatan mata dan jantung

Adanya unsur beta caroten yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata, serta unsur senyawa nitrat, maka bayam berperan dalam menjaga kesehatan sua organ vital tersebut. 


Itulah Beberapa manfaat dari bayam yang ternyata sangat berperan dalam kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu dalam penyajian menu makanan, sebaiknya tidak melupakan bayam sebagai salah satu sayuran. Tidak perlu setiap hari, karena menu makanan memang harus beragam.


Makanan harus disajikan yang menarik, agar menggoda selera makan. Namun kita juga membatasi diri, tidak seharusnya disantap secara berlebihan.

Dan tidak hanya dengan bayam saja, kita harus tetap menjalani pola hidup sehat, seperti berolahraga atau senam ringan secara rutin, makanan bergizi lain, dan waktu istirahat yang cukup.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.