Latest News

Daun Sirsak Obat Penyakit Kronik?

 

Sirsak

Beberapa tahun silam, salah satu yang diyakini obat herbal, sempat viral di medsos. Hampir tidak ada orang yang tidak mengenal daun sirsak. Daunnya saja berkhasiat, apalagi buahnya.


Saat itu rebusan daun sirsak diyakini bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yang berat, dan tidak bisa sembuh dengan pengobatan biasa. Beberapa lembar daun sirsak direbus, kemudian airnya diminum, bisa berkhasiat untuk penyakit seperti kanker atau penyakit yang tidak kunjung sembuh lainnya.


Sejak lama buah sirsak sering digunakan sebagai salah satu isi es campur, dan akhir akhir ini lebih banyak dikenal orang, es menado. Buahnya berkulit hijau, berbintik seperti berduri, dengan warna buah putih yang didalamnya terdapat biji hitam.


Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, jenis fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Buah sirsak termasuk tinggi serat, sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan.


Ada yang memanfaatkan bijinya, karena diyakini dapat digunakan sebagai antimikroba alami, sebagaimana biji srikaya. Manfaatnya dapat membunuh parasit, membersihkan pencernaan, meredakan saluran pernapasan, menghilangkan stres, kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh. Tetapi harus dilakukan penelitian lebih lanjut.


Buahnya jelas bermanfaat. Namun bagaimana dengan daunnya, apakah yang diyakini masyarakat luas, seperti dalam medsos itu memang benar berkhasiat? Hal itu masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut dengan tahapan ilmiah sesuai metode penelitian standar. Uji klinis harus dilalui, tidak bisa hanya berdasarkan testimoni, walau mungkin memang benar seperti itu.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.