Latest News

Hepatitis Mudah Dihindari

 


Hari ini 28 Juli 2023 Hari Hepatitis Sedunia

One Life One Liver atau Satu Kehidupan Satu Hati, adalah tema yang dipilih untuk Hari Hepatitis seDunia 2023 ini. Dalam momen ini seakan dunia kesehatan mengingatkan pada kita bahwa satu hati untuk satu kehidupan. Kita harus menjaga serta merawat dengan baik keberlangsungannya.

Tema ini juga memberi sinyal bahwa kita harus mengutamakan pencegahan atau menjaga serta memelihara dengan baik, khususnya pada liver kita. Sebuah sistem, yang sudah berjalan dengan unsur maintenance yang baik, maka akan tercipta atau diperoleh suatu keberlangsungan yang baik pula atau sustainable.

Hepatitis bisa terjadi secara akut, yang datang dengan tiba-tiba dan cepat, dan biasanya setelah diterapi sembuh dengan cepat pula. Namun Hepatitis dengan virus tertentu, justru hadir dengan tersembunyi, dan membawa dampak ke arah keganasan. Jenis inilah yang dikhawatirkan banyak orang, sehingga lebih menghindari penderita Hepatitis.

Sejak 5 Mei 2023 pandemi dinyatakan usai. Saatnya warga dunia semua selalu menjaga dan mempertahankan kesehatan dengan baik. Saling mengingatkan dan tidak lengah terhadap semua permasalahan yang berdampak terhadap terganggunya kesehatan kita. Dan harus segera merespon apabila terjadi situasi yang menjadikan terusiknya kondisi kesehatan kita.

Di saat terjadinya pandemi dunia pernah digegerkan, dengan muncul secara tiba-tiba seperti siluman, sejenis Hepatitis yang sampai saat ini masih dianggap misterius. Diperkirakan strain persilangan antara Hepatitis dengan covid-19, walau masih perlu penelitian dan pembuktian yang ilmiah. Namun kita patut bersyukur, serangan Hepatitis misterius cepat dan sudah mereda, walaupun sempat memakan korban.

Hepatitis memang sangat mudah menular, melalui jalur makanan atau saluran pencernaan. Walau demikian, akan lebih mudah dihindari dengan cara mengendalikan diri, dibanding penularan penyakit lewat jalur saluran pernapasan. Dengan memilih makanan dan minuman bersih dan higienis lebih bisa terhindar dari Hepatitis.

Hepatitis yang terbanyak terjadi karena virus, terutama salah satu dari kelima virus hepatitis, yaitu A, B, C, D atau E. Hepatitis juga bisa terjadi karena infeksi virus lainnya, seperti mononukleosis infeksiosa, demam kuning dan infeksi sitomegalovirus. Penyebab hepatitis non-virus yang utama adalah alkohol dan obat-obatan.

Hepatitis B merupakan varian Hepatitis yang lebih serius dibandingkan dengan jenis hepatitis lainnya. Penderita Hepatitis B bisa terjadi pada setiap orang dari semua golongan umur. Jenis inilah yang sering berkembang menjadi keganasan, menjadi kanker hati.


Cara pencegahan Hepatitis sangat mudah dilakukan :

1. Menjaga Kebersihan diri

Terutama cuci tangan, terutama apabila terpapar dengan cairan atau apapun yang tidak diketahui sumber yang pasti.

2. Pastikan makanan higienis

Makanan sebagai jalur utama penularan Hepatitis. Harus memasang kewaspadaan tinggi terhadap makanan yang masuk.

3. Waspadai berbagi

Menjaga privasi peralatan makan dan minum, serta yang berhubungan dengan saluran pencernaan.

4. Hindari kontak dengan bijak

Hindari kontak dengan semua cairan tubuh penderita Hepatitis, atau cuci apapun yang terpapar dengan penderita.

5. Menjaga kebersihan

Kunci utama agar selalu sehat adalah menjaga kebersihan lingkungan, selain makan tepat waktu.

6. Hindari minuman beralkohol

Salah satu penyebab lebih parahnya Hepatitis adalah minuman beralkohol.

7. Vaksinasi

Vaksinasi Hepatitis sudah dilakukan di negeri ini pada usia balita

 

Dengan memahami bahwa sebenarnya betapa ganasnya hepatitis ini, bahkan bila ‘dibandingkan’ dengan HIV/AIDS, maka penyakit ini sering disebut ‘The Silent Killer’. Oleh karena itu hindari penyebab utama yang sekiranya terkait dengan cairan tubuh orang yang terpapar, serta berusaha melaksanakan pola hidup sehat dan cegah sedini mungkin dengan vaksinasi yang benar. Sanitasi yang higienis sangatlah diperlukan. Dan sebaiknya tetap bisa melaksanakan ProKes 3M, agar lebih menjaga diri dan sesama.

Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.