Latest News

Madu Berkhasiat Obat

 

Madu

Semua orang di dunia ini mengenal madu, bahkan sudah memanfaatkan sebagai nutrisi penting bagi kesehatan. Mulai dari bayi, ada yang sudah mengenalkan dengan madu, sampai lansia. Penggunaan madu memang tidak terbatasi usia, karena khasiatnya sungguh ampuh sebagai nutrisi yang menyehatkan.


Madu digunakan sebagai obat yang bisa berdiri sendiri ataupun sebagai campuran dengan beberapa bahan lain. Madu bisa mendampingi bahan obat apapun, sehingga layak mendapatkan predikat sebagai obat 1001 macam penyakit. Mulai dari sakit dengan gejala panas ringan sampai penyakit yang terberat, madu tidak lepas dari salah satu bahan obatnya.


Madu merupakan cairan manis dan kental, yang dihasilkan dari perut lebah. Bahan madu diperoleh dari sari bunga tertentu atau bisa juga dari berbagai macam bunga. Banyak jenis lebah penghasil madu, setiap jenis memiliki kualitas madu tersendiri yang berbeda. Pada mulanya, madu didapatkan dari lebah liar. Namun pada saat ini, lebah sudah banyak yang diternakkan, walaupun sesungguhnya lebah masih berkeliaran kesana kemari mencari sari bunga. Peternak hanya menyediakan rumah bagi lebah, yang pada saat tertentu di panen.


Madu memiliki komposisi yang didominasi oleh fruktosa hampir 40%, glukosa sekitar 30%, sukrosa 1%, air 17% serta beberapa vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Sudah sejak lama, madu dimanfaatkan sebagai makanan atau minuman yang segar dan sehat. Karena madu memang mengandung beberapa vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh kita. 


Selain itu madu juga mempunyai efek positif lain, sebagai antioksidan yang sangat baik.

Manfaat madu telah banyak digunakan masyarakat luas sebagai pengobatan, antara lain :


Nutrisi sehat

Setiap orang mengkonsumsi madu bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.


Pelengkap pengobatan

Madu digunakan sebagai pelengkap pengobatan beberapa penyakit, walau sudah disertai dengan pemberian vitamin.


Melawan radikal bebas

Senyawa yang terdapat pada madu dan sejumlah vitamin di dalamnya merupakan antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan ini sangat berguna untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang disebabkan oleh aktivitas oksidasi.


Meningkatkan imunitas

Madu juga dapat memperkuat sel-sel imun dalam tubuh. Apabila imunitas meningkat, tubuh akan lebih tahan melawan penyakit. Sehingga badan akan lebih sehat.


Dan masih banyak lagi manfaat madu.


Manfaat madu juga sudah dijelaskan dalam firman Allah QS An Nahl 16:69 yang artinya " . . . Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. . . ". Itulah beberapa khasiat madu, yang antara lain sebagai penyembuh bagi manusia.


Beberapa penelitian sudah dilakukan, tetapi banyak juga yang memanfaatkan madu secara tradisional. Namun semuanya terdaftar pada BPOM sebagai institusi pengendali yang berwenang.


Sering juga rekayasa untuk kepentingan pribadi, mengolah madu dengan cara yang tidak bisa di pertanggung jawabkan. Sehingga manfaat penyembuh menjadi kurang berkhasiat atau malah terjadi sebaliknya. Madu yang asli akan bermanfaat bagi manusia.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.