Latest News

Nyeri Siku, Waspadai Robekan Otot

 

Tenis bocil

Sering kita dengar keluhan seseorang, saat bangun tidur, tiba tiba pada daerah siku terasa nyeri. Kemudian nyeri menjalar ke lengan bawah hingga pergelangan tangan. Kekuatan genggaman berkurang, padahal tidak pernah ada benturan atau jatuh sebelumnya. Kita harus waspada, kemungkinan terjadi Tennis Elbow. Padahal tidak pernah tenis atau jarang juga olahraga yang lain yang menggunakan tangan itu.


Tennis elbow adalah peradangan pada sendi di siku bagian luar yang menyebabkan nyeri dan sering dibarengi kelemahan kekuatan tangan. Kondisi ini terjadi akibat rusaknya otot di lengan bawah yang umumnya disebabkan oleh gerakan berulang atau rutin yang terforsir.


Kondisi seperti ini bisa terjadi karena kelemahan otot tertentu, khususnya pada otot ECRB (Extensor Carpi Radialis Brevis). Hal ini diakibatkan penggunaan yang berulang, terus menerus serta berlebihan. Karena kelelahan, bisa terjadi peradangan, bahkan bisa sampai terjadi robekan kecil pada tendon dekat tonjolan tulang siku.


Gejala yang sering dirasakan atau dikeluhkan, tangan akan sangat sakit bila :

1. Berjabat tangan

2. Menggenggam benda

3. Mengangkat benda

4. Saat pegang kenop pintu


Orang yang sering terserang terkena adalah :

1. Usia 30 - 50 tahun

2. Gerakan berulang terus menerus seperti, menulis, mengetik, main game dll

3. Olah raga tertentu misal tenis, badminton, golf dll


Rasa sakit tersebut bisa menetap sampai berbulan bulan.

Bisa sembuh dengan cara mengistirahatkan lengan yang sakit atau dengan obat tertentu atas rekomendasi dokter. Bila sakit masih berlanjut, salah satu cara dengan melakukan fisioterapi atau bisa juga harus dilakukan pembedahan atau operasi.


Kita harus selalu waspada atau antisipasi, bila aktivitas kita atau bekerjanya dengan banyak gerakan yang berulang dan terus menerus seperti menulis, mengetik dan yang lainnya walau itu terlihat ringan serta tanpa beban. Sebaiknya tidak memaksa beraktivitas bila tangan sudah merasa sakit dan segera konsultasi dengan dokter. 


Penyakit ini sering dijumpai pada masyarakat, tetapi mereka merasa tidak melakukan sesuatu yang membebani tangannya. Pada kenyataannya, mereka bekerja 'ringan', tidak mengangkat beban, tetapi rutin secara terus menerus. Namun tidak perlu khawatir atau risau, InsyaAllah penyakit ini bisa dicegah atau diobati.


Langkah dan cara mengobati Tennis Elbow adalah :

1. Istirahatkan lengan yang sakit 

2. Obat pereda nyeri

3. Fisioterapi

4. Pakai alat penyangga

5. Kompres dingin, memakai cooling pack atau dilapisi handuk


Dengan petunjuk dokter untuk melakukan upaya seperti diatas, insyaAllah bisa segera membaik walau harus melalui proses. Harus telaten dan semangat agar sembuh. Namun sebenarnya, yang terbaik adalah pencegahan. Jangan terforsir dan terlalu ambisi, sehingga sampai tidak terkendali, sehingga berdampak seperti gangguan diatas.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.