Latest News

Pertimbangan

 


Oleh : BundaSriMin 


Dalam mengambil keputusan atau menentukan sesuatu kebijakan, pertimbangan menjadi unsur yg sangat diperlukan.


Hal-hal yg menjadi pertimbangan seseorang diantaranya: kecerdasan, kekerabatan, keilmuan pertemanan, kebaikan, materi dan biasanya juga ada unsur subjektif yaitu perasaan kasihan ataupun cinta.


Sebagai ilustrasi, dalam menentukan posisi jabatan tertentu, banyak unsur yg menjadi pertimbangan di antaranya kecerdasan, kebaikan, kekayaan, mengapa penting?, karena dg kecerdasannya diharapkan mampu memimpin, kreatif, inovatif dan membawa kemajuan, dg kebaikan nya bisa bersikap humble yg akan membawa pada suasana kerja menentramkan, dan dg kekayaan yg dimiliki tdk serakah karena kebutuhan nya sdh tercukupi.


Akan sedikit bermasalah ketika rasa cinta dijadikan pertimbangan utama dalam menentukan kebijakan, bisa terjadi ketidakadilan.


Orang² beriman dan berilmu akan menjadikan Al Qur'an dan Sunnah serta para alim sebagai rujukan utama atau sumber pertimbangan dalam membuat keputusan atau melalui istikharah.


Kecondongan pemikiran dan perasaan manusia akan menjadi pertimbangan yg berpengaruh kuat pada perilaku, karenanya mengarahkan jiwa pada kebaikan dan kesucian adalah keniscayaan untuk menghasilkan kemuliaan.


Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin

Semoga bermanfaat

Semoga kita selalu sehat 


Purwosari, 27 Juli 2023

SriMinarti10Bjn

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.