Latest News

ASI Perangi Stunting

 

Pekan ASI Sedunia


Penduduk bumi ini merayakan Pekan ASI (Air Susu Ibu) Dunia pada tanggal 1 hingga 7 Agustus. Sesuatu yang sangat berkaitan erat dengan kesehatan bayi, yang merupakan usia emas dalam masa pertumbuhan bayi. Kalau fondasi kesehatan ini terbangun dengan baik, insyaAllah tahun selanjutnya akan berkembang dengan baik pula.

Pada tahun 2023 ini Pekan ASI Dunia memilih tema 'Enabling BreastFeeding : Making a difference for working parents' artinya 'Mengaktifkan Menyusui : Membuat perbedaan bagi orang tua yang bekerja'. Menganjurkan dan memberi prioritas pada setiap ibu agar tetap menyusui walau bekerja.

Selain ASI sebagai makanan pokok bagi bayi, kandungan nutrisi di dalam ASI sangat penting pula sebagai kunci keberhasilan memerangi stunting. Di dalam Program Nasional maupun program kesehatan dunia, mencantumkan stunting menjadi salah satu sasaran untuk dibasmi.

Pekan ASI Dunia ini juga bertujuan untuk memberi informasi yang benar tentang ASI dan manfaatnya agar anak sehat dan cerdas, dengan mengajak berbagai pihak untuk ikut berperan serta mendukung ibu menyusui. Antibodi dalam ASI sangat dibutuhkan bagi bayi, sebagai pelindung diri.

Pemahaman pemberian ASI yang benar pada bayi, memang harus diluruskan agar harapan orang tua menjadi anak yang sehat akan terwujud. ASI merupakan makanan pokok bagi bayi sampai berumur sekitar 2 tahun, sesuai firman Allah SwT QS Al Baqarah 2: 233 yang artinya : “Para ibu hendaklah menyusukan anak anaknya selama 2 tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. . . . . .”.

Kalau hal ini kita kaji dengan seksama, akan banyak hikmah yang kita petik dari pemberian ASI pada bayi baru lahir hingga usia 2 tahun. Dan hal ini juga sesuai dengan yang dipesankan oleh badan kesehatan dunia yang menganjurkan tentang ASI eksklusif pada 6 bulan awal kehidupan.

Dan saat ini sudah banyak para ibu sudah kembali ke ‘paradigma kuno’ bersedia menyusui bayinya, karena memahami bahwa di dalam ASI terkandung banyak unsur vital bagi awal kehidupan serta sebagai dasar tumbuh kembang kehidupan bagi bayi. Terutama pada otak, serta penyempurnaan organ penting lainnya, yang kedepan akan menunjang kesehatannya.

Hampir semua anak yang mendapat ASI sampai 2 tahun, kondisi kesehatannya baik serta tumbuh kembang dengan baik pula. Sebaliknya, anak yang sering terganggu kesehatannya atau sakit, pada masa bayi kurang menerima asupan ASI.

Melaksanakan pemberian ASI sesuai dengan tuntunan Allah SwT akan menunjang kualitas sumber daya manusia di masa mendatang yang handal. Dan ternyata juga selaras dengan amanat badan kesehatan dunia agar Millennium Development Goals bisa tercapai.

Oleh karena itu kalau memang bener para ibu sayang pada anaknya, sebaiknya dan harus memberikan ASI sesuai dengan anjuran Allah SwT. Karena pada usia itu merupakan ‘usia emas’ dalam tumbuh kembang seorang bayi, terutama fondasi bagi kesehatan dan kecerdasan untuk masa yang akan datang.

Semoga kita selalu sehat. (abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.