Latest News

Delima Sangat Berkhasiat

 

Delima

Negeri kita kaya akan buah. Dan hampir semua buah bisa tumbuh di negeri yang subur ini. Berbagai macam buah bisa ditanam atau dibudidayakan dengan baik dan berhasil baik. Salah satu buah yang kita temukan di pasaran adalah Delima.


Buah yang memiliki nama ilmiah Punica granatum ini berasal dari Timur Tengah atau Mediterania, khususnya Iran. Namun sudah lama juga telah tersebar di Cina Selatan serta Asia Tenggara. Dan saat ini sudah bisa kita dapatkan di seluruh dunia.


Buah yang bulat dan berkulit agak keras ini, kita kenal sangat banyak kandungan gizinya. Dan digunakan sebagai pengobatan tradisional pada penyakit tertentu oleh nenek moyang kita.


Unsur gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia yang terdapat dalam buah delima vitamin C, vitamin A, vitamin K, Asam Folat, Kalium, Kalsium, Magnesium, Zat Besi dan Protein. Buah delima juga mengandung antioksidan, sehingga bisa menjadi perisai agar tetap sehat.


Dari komposisi gizi diatas, maka buah delima memiliki berbagai khasiat atau manfaat bagi kesehatan, antara lain :


1.Meningkatkan kesehatan jantung, buah delima dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, seperti serangan jantung dan stroke.

Senyawa polifenol dan anthocyanin pada delima memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jus buah delima dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

2.Menjaga kesehatan otak, buah delima dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan melindungi sel otak dari kerusakan. Hal ini dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Buah delima mengandung senyawa yang disebut punicalagin, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan melindungi sel otak dari kerusakan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah delima dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.

3.Meningkatkan kesehatan pencernaan, buah delima dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus.

Buah delima mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi peradangan.

4.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, buah delima dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih.

Buah delima mengandung vitamin C dan vitamin A. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A juga penting untuk sistem kekebalan tubuh.

5.Mencegah kanker, buah delima mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Buah delima mengandung senyawa yang disebut polifenol dan anthocyanin. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus buah delima dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.

6.Menjaga kesehatan kulit, buah delima dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi peradangan. Kolagen adalah protein yang memberi struktur dan elastisitas pada kulit.

Buah delima mengandung vitamin C dan vitamin A. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin A juga penting untuk kesehatan kulit.

Selain itu, buah delima juga mengandung senyawa yang disebut punicalagin. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi peradangan. Kolagen adalah protein yang memberi struktur dan elastisitas pada kulit.

Buah delima dapat dikonsumsi segar, dijus, atau ditambahkan ke dalam salad, yogurt, atau oatmeal.

Berikut adalah tips untuk mengonsumsi buah delima:

  • Pilih buah delima yang kulitnya berwarna cerah dan tidak ada bintik-bintik.

  • Untuk mengonsumsi buah delima segar, potong buah delima menjadi dua bagian dan keluarkan bijinya.

  • Untuk membuat jus buah delima, blender biji buah delima dengan air.

Buah delima adalah buah yang aman dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Namun, jika memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi buah delima.

Semoga kita selalu sehat. (Abk)

Baca juga www.suarawisata.com

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.