Latest News

Batik Semakin Simpatik

 


Hari Batik Nasional 2 Oktober


Batik merupakan salah satu karya leluhur bangsa Indonesia sejak zaman kerajaan, ada yang menyatakan sejak zaman Mojopahit. Sejak saat itu kerabat kerajaan memang mengenakan bahan batik sebagai pakaian kebesaran. Setiap kerajaan memiliki motif khas tersendiri yang melambangkan dari daerah atau kerajaan mana mereka berasal. Berarti batik pada periode itu sudah dimiliki di kawasan Nusantara. Sehingga batik memang milik bangsa Indonesia.


Sejak saat itu sampai awal tahun 1900an semua batik dibuat dengan cara membatik, atau manual atau hand write dengan langsung melukis walau sudah ada pola tertentu. Sekitar tahun 1920an karena suatu ‘efisiensi’, atau mungkin perlu produksi yang banyak dan cepat, mulai dikenal ‘batik cap’ atau batik yang tidak di batik.


Pada era awal kemerdekaan sampai akhir orde lama, masyarakat seakan agak enggan mengenakan batik. Dianggap seakan terkesan kuno atau kurang modern, walau beberapa masyarakat desa masih mengenakan batik dengan sebutan jarik. Kawula muda lebih memilih berpakaian rok atau celana untuk sehari harinya. Sehingga batik seakan terpinggirkan bahkan agak terlupakan.


Pada masa orde baru batik mulai menggeliat, antara lain digunakan sebagai salah satu seragam nasional. Beberapa perancang mode pun mulai bangkit dengan memasukkan unsur batik sebagai bahan kreasinya, dan ternyata lebih mengangkat prestasinya. Begitu juga sebagai penunjang pariwisata, batik khas daerah mempunyai nilai tawar yang tinggi serta berperan sebagai magnet destinasi wisata.


Disaat batik menduduki posisi diatas itulah Negara tetangga kita mengklaim batik menjadi salah satu karya budayanya. Tentu saja seluruh elemen anak bangsa ini menentang keras klaim tersebut. Sehingga hal yang sebelumnya belum terpikirkan, saat itu segera menindak lanjuti registrasi kepemilikan batik ke badan dunia. Dan bersyukur UNO atau PBB segera merespon dengan baik dan semestinya serta menetapkan batik merupakan budaya Indonesia.


Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Pada tanggal ini, berbagai lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.


Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.


Hari batik seharusnya kita peringati agar semua lapisan masyarakat ikut memiliki batik sebagai budaya bangsa, bukan milik bangsa lain yang saat itu akan diakuinya. Kepedulian kita terhadap batik merupakan salah satu alat pemersatu bangsa agar tetap dipertahankan dan tidak jatuh ke tangan bangsa lain.


Kebersamaan, yang antara lain dalam kepemilikan batik ini, akan memperkokoh persatuan dan kekuatan bangsa tercinta ini. Pakailah batik dan berbanggalah, sebagai pakaian identitas bangsa Indonesia.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

Baca juga www.suarawisata.com

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.