Latest News

Hewan Peliharaan Lucu

 

Hamster

World Animal Day, ditetapkan dunia pada 4 Oktober.


Pada tahun 2023 ini, memilih tema Hari Hewan Sedunia "Great or Small, Love Them All" atau 'Besar atau Kecil, Cintai Semuanya'. Kita diajak untuk menghargai dan melindungi semua makhluk hidup, khususnya hewan tanpa membedakan ukuran, bentuk, atau jenisnya.


Beraneka ragam hewan ciptaan Allah di dunia ini, mempunyai habitat atau tempat kehidupannya yang berlainan. Di darat, di dalam air dan di angkasa, semuanya memiliki karakteristik sendiri yang berbeda satu dengan lainnya. Dan masih banyak ragam pula, ada yang di air tawar dan air asin serta air payau. Begitu juga untuk yang di darat dan di angkasa menurut geografisnya.


Jenis yang lain juga, ada hewan peliharaan dan liar serta hewan ternak, hewan yang digolongkan dari jenis makanannya, dan lain sebagainya. Salah satu hewan yang tergolong hewan liar dan ternyata bisa dijinakkan adalah Hamster.


Hamster adalah hewan jenis pengerat kecil yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan. Banyak anak kecil yang menyukai, dan tidak sedikit pula asesoris yang ditawarkan sebagai pelengkap untuk memeliharanya.


Hamster biasanya memiliki tubuh berbentuk bulat dengan telinga kecil, mata hitam dan berbulu tebal. Pada umumnya memiliki panjang sekitar 12-18 cm. Hamster berasal dari timur tengah dan Asia Tengah, dan ditemukan di daerah gurun, sabana atau bersemak.


Hewan pengerat kecil ini, hidup soliter dan tidak suka berbagi kandang. Makanan utamanya biji-bijian, tetapi juga suka buah, sayur dan protein tambahan lainnya. 


Pengerat ini tergolong hewan noktural, aktif di malam hari dan tidur di siang hari. Banyak anak membeli Hamster sebagai hewan peliharaan karena postur kecil dan lucu menggemaskan serta perawatannya relatif mudah.


Beberapa jenis Hamster yang umum dipelihara, H Campbell, H Dzungarian,  H Roborovski, H Siria. Hewan ini memiliki reproduksi yang cepat, walau setelah melahirkan. Dan beberapa anak dilahirkan dalam satu periode.


Hamster termasuk hewan ahli penggali, dan sering membuat terowongan di habitat alami atau kandangnya. Oleh karena itu kandang harus sesuai, makanan dan perhatian yang cukup. 


Selamat menyayangi hewan, namun tidak boleh melupakan belajar serta ibadah.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

Baca juga www.suarawisata.com


No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.