Latest News

Gerak

 


Oleh : BundaSriMin 


Dalam ilmu fisika, gerak didefinisikan sebagai perubahan tempat atau kedudukan baik hanya sekali maupun berkali-kali, setiap saat semua manusia melakukan gerak entah sebagian kecil anggota badan atau secara keseluruhan, termasuk pada aspek pemikiran dan perasaan yg ending nya adalah kesehatan.


Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, ketika ditanya apa resepnya di usia 90 tahun masih mampu berfikir cerdas dan sehat, jawab nya : semua organ tubuh selalu digerakkan agar tidak terjadi kelumpuhan atau kemalasan.


Sebagai ilustrasi, potensi berupa akal untuk berfikir menyelesaikan persoalan, memberikan sumbangsih ide atau gagasan untuk kemanfaatan, dan perasaan yg mendominasi diri diarahkan agar tumbuh simpati atau empati, semua merupakan bentuk gerak jiwa.


Gerakkan badan langkahkan kaki menyambut sinar matahari, yg kadang sudah jarang dilakukan oleh sebagian orang, dan hal itu bisa menjadi penyebab melemah nya kekuatan fisik. 


Untuk menggapai kesehatan jasmani, Ruhani, jiwa maupun ekonomi kata kuncinya adalah gerak, gerakkan tangan untuk menengadah di sepertiga malam ditujukan pada Sang pengatur kehidupan, yg diimbangi dg ikhtiar fisik dan jiwa membangun relasi pada sesama agar tercapai tujuan.


Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin

Semoga bermanfaat

Semoga kita selalu sehat 


Purwosari, 29 November 2023

SriMinarti10Bjn

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.