Latest News

Guru Pendidik Bukan Sekedar Mengajar

 



Dr Achmad Budi K

Hari ini 25 November 2023 diperingati sebagai Hari Guru Nasional memilih tema ‘Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar’. Hampir semua grup medsos tidak lepas dengan berbagai ucapan pada Guru. Semua siswa yang sekarang disebut peserta didik, pasti memberi penghormatan pula.

Kelompok ASN terbanyak atau persentase tinggi adalah Guru. SDI di bidang pendidikan yang berprofesi pendidik, bukan sekedar mengajar, tersebar di seluruh bumi nusantara. Guru sangat berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, disamping orang tua yang sejak bayi selalu mendampingi dan menjadi guru utama yang pertama.

Pada era digital ini, peran guru memang harus ekstra keras untuk mengimbangi pengaruh gadget yang sudah tergenggam di tangan setiap siswa. Tidak sedikit pula anak usia sekolah yang terlanjur teracuni dampak negatif smartphone. Bahkan mereka seakan tidak bisa terpisahkan oleh barang kecil yang menyediakan semua kebutuhan mereka.

Disinilah para guru harus rela berjuang, tidak sekedar mengajar. Selain mendidik dan menjunjung tinggi akhlak serta budi pekerti, juga memahamkan bahwa gadget hanyalah sarana pelengkap. Atau mungkin harus mengoptimalkan gadget sebagai sarana pendidikan.

Di era yang kompleks seperti ini, negeri ini mengharapkan meningkatkan peran strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Selain itu meningkatkan semangat untuk meneladani atas dedikasi guru sebagai pendidik profesional yang bermartabat.


Dan semua stakeholder berupaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh unsur masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun karakter bangsa.


Sebaiknya semangat baik itu tidak dilakukan di kota besar saja, tetapi justru di pelosok daerah yang sulit terjangkau justru harus lebih diperhatikan. Tidak sedikit penduduk negeri ini yang masih kurang SDI serta sarana dan prasarana dasar untuk bisa mengenyam pendidikan yang setara.


Selamat berjuang dengan penuh ikhlas para Guru. Bersemangat dan percayalah bahwa ‘Manusia yang baik adalah yang bermanfaat bagi sesama’, seperti yang dipesankan Rasulullah.


Selamat Hari Guru Nasional, karena jasa Bapak Ibu Guru lah, kami semua bisa sukses dalam kehidupan.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.