Latest News

USG Untuk Melihat Penyakit?

 

Hari radiologi internasional

Dr Achmad Budi Karyono


Tidak sedikit orang yang karena merasa tidak nyaman di salah satu tubuhnya, kemudian datang memeriksakan diri dan minta di Rontgen. Dan mereka sering juga terpengaruh bisikan teman, bahwa si X temannya bisa langsung sembuh setelah di Rontgen. Mereka beranggapan, dengan di Rontgen semua penyakit bisa terlihat dan bahkan bisa disembuhkan.


Tanggal 8 November diperingati sebagai Hari Radiologi Internasional atau International Day of Radiology.


Radiologi merupakan cabang dari ilmu kedokteran yang dibutuhkan untuk menerawang atau melihat bagian dalam tubuh tertentu. Dengan cara menggunakan pancaran atau radiasi gelombang, baik gelombang elektromagnetik maupun gelombang mekanik. Pada mulanya menggunakan frekuensi yang berbentuk sinar-x (x-ray). Selanjutnya dengan kemajuan teknologi modern dan setelah berkembang, menggunakan pemindaian (scanning) gelombang sangat tinggi (ultrasonic) seperti USG dan juga MRI.


Radiologi sangat penting untuk menunjang menegakkan diagnosis beberapa penyakit, namun tidak semua penyakit perlu hasil radiologi. Dengan dilengkapi hasil radiologi, beberapa penyakit akan lebih jelas, dan pengobatan akan semakin terarah. Sehingga semua perawatan, pengobatan dan tindakan medis akan lebih mendapatkan hasil yang baik.


Beberapa peralatan radiologi yang dipakai saat ini, tergolong dalam jenis Peralatan Pemancar Gelombang, yang peralatannya memancarkan gelombang (memiliki generator pemancar gelombang). Semua keperluan penggunaan harus atas indikasi medis oleh kewenangan profesional yang sudah ditentukan. Dan dosis yang diberikan harus tepat lokasi sasaran dan perhitungan akurasi yang sangat tinggi.


Yang paling penting dalam penggunaan peralatan teknologi canggih dan khusus seperti ini adalah keamanan bagi semua orang, lingkungan atau apapun di sekitarnya, serta dampak penggunaan secara menyeluruh. Dengan keahlian dan kompetensi yang memadai, peralatan ini akan sangat bermanfaat. Tetapi apabila tidak sesuai prosedur yang mengutamakan mutu, dikhawatirkan akan berdampak sebaliknya.


Penggunaan alat canggih yang cukup beresiko ini harus sesuai dengan indikasi medis dengan pertimbangan profesional yang matang, bukan atas permintaan yang karena hanya ingin tahu tanpa indikasi yang jelas.


Dengan demikian tidak semua penyakit apalagi sekedar ketidak nyamanan, memerlukan tindakan atau prosedur Rontgen. Tindakan Rontgen harus sesuai dengan indikasi medis dan atas pertimbangan profesional, sehingga tujuan pengobatan dan keamanan yang comprehensive terjamin.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)


Baca juga www.suarawisata.com



No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.