Latest News

AIDS yang Tersembunyi

 


Dr Achmad Budi Karyono

Hari AIDS Dunia, diperingati setiap 1 Desember, sebagai pengingat warga dunia agar lebih waspada terhadap penyakit yang membuat sengsara berkepanjangan dan mematikan. 

Pada tahun 2023 ini, Hari AIDS memilih tema ‘Lets Communities Lead’, yang memberikan kesempatan kepada komunitas mereka untuk menyelesaikan permasalahan yang terkait penyakit itu.

Sampai saat ini masih banyak warga kita yang tertimpa penyakit yang penularannya sebagian besar karena hubungan seks bebas ini. Tidak sedikit pula yang gejalanya mirip penyakit lain. Sementara akankah kita tinggal diam, kurang atau tidak melaksanakan pencegahan yang harus kita lakukan bersama.

Setiap insan medis, baik di PusKesMas maupun di Rumah Sakit, sudah melakukan preventif tentang rantai penularan penyakit yang cukup menakutkan itu. Namun langkah itu kurang sempurna kalau tidak diikuti dan didukung oleh seluruh elemen masyarakat agar lebih efektif.

Hari ini kita diingatkan akan garangnya penyakit ini, agar kita lebih waspada untuk meningkatkan pencegahannya supaya tidak semakin meluas. Angka kesakitan pasien AIDS per bulan yang selalu bertambah itu,  bisa jadi angka yang tercatat dan pasien yang mau berobat. Berarti sesungguhnya angka tersebut bisa berlipat, mengerikan.

Sebaiknya kita harus mengingatkan pada siapapun tentang cepat meluasnya penyakit ini serta mudahnya cara mencegah penyakit ini yang penularannya lewat hubungan seks bebas. Pencegahan kita lakukan mulai dari keluarga, sanak saudara, para kerabat, tetangga dan masyarakat luas. 

Dengan membantu mencegah penularan penyakit ini, kita akan ikut berkontribusi menjaga kesehatan generasi muda kita dan ikut andil membangun kesehatan dan kejayaan negeri ini.

Kita harus memulai melakukan pola dan gaya hidup sehat, hindari sek bebas, jauhi pemakaian obat terlarang. Dan yang sangat penting, selalu menjaga dan meningkatkan ketaqwaan pada Allah.

Pencegahan akan lebih efektif bila dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat sesuai fungsi masing masing. Dan di area atau wilayah yang terdekat. Lebih efektif pula kalau kita mengoptimalkan medsos pada semua aplikasi milik kita.

Semoga kita selalu sehat. (Abk)

Baca juga www.suarawisata.com

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.