Latest News

Korupsi Dihukum Ringan?

 


Dr Achmad Budi K

Mengucapkan atau menyampaikan sesuatu yang ideal memang sangat mudah. Begitu juga mengingatkan atau memberi nasihat pada orang lain, tidak sulit dilakukan. Dan membuat peraturan atau regulasi tentang kebaikan, tidak begitu rumit pula.

Sesungguhnya melakukan suatu kebaikan tidaklah sulit. Hanya saja di kanan kiri kita, banyak pengaruh yang sangat berlawanan dengan kebaikan. Sehingga tidak sedikit orang yang terseret pengaruh yang berdampak sangat menyakitkan.

Hari ini 9 Desember diperingati sebagai Hari Anti Korupsi Dunia. Pada tahun 2023 ini memilih tema ‘Sinergi Berantas Korupsi, Untuk Indonesia Maju'.

Siapapun pasti sepakat bahwa korupsi adalah hal yang tidak baik bahkan suatu kejahatan besar. Bahkan di beberapa negara, koruptor harus dihukum mati, agar yang lain jera dan tidak akan menirunya. Dengan demikian seluruh penduduk bumi mengutuk tindakan korupsi.

Namun di negeri ini tidak seperti itu. Tidak jarang kita lihat atau baca di media masa atau di medsos, orang melakukan korupsi atau pengemplangan yang merugikan negara. Dan yang melakukan orang yang diberi kedudukan tinggi. Bahkan beberapa minggu yang lalu, justru pejabat tinggi yang diberi amanah dan seharusnya memberantas korupsi menjadi tersangka korupsi.

Momen yang baik ini, di Hakordia 2023, kita semua harus bersinergi memberantas korupsi dalam segala bentuk.  Sedikitnya ada 7 perbuatan utama korupsi yang merugikan negara dan sangat menganiaya rakyat kecil. Mulai dari merugikan keuangan negara, suap, penggelapan dalam jabatan, pemerasan, perbuatan curang, benturan kepentingan dalam pengadaan dan gratifikasi.

Marilah kita jaga nilai atau norma universal yang InsyaAllah semua warga dunia akan sepakat. Kita pahamkan dan laksanakan pada diri kita dan anak cucu kita serta semua orang. Kita tanamkan dengan baik serta menjunjung tinggi nilai jujur, mandiri, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, adil dan kerja keras.

Kita berharap negeri ini akan terbebas dari bentuk perbuatan yang merugikan negara. Sehingga rakyat akan lebih tertata menjadi sejahtera.

Kita lawan korupsi bersama.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.