Latest News

Lupa

 


Oleh : BundaSriMin 


Kita sering mendengar pernyataan bahwa manusia tempatnya khilaf dan lupa, kadang ada benarnya bila dilakukan dg tdk sengaja, akan menjadi berbahaya kalau khilaf dan lupa sebagai budaya yg disengaja, mesti ada yg mengingatkan misalkan oleh pasangan, teman, sahabat, saudara atau rekanan.


Khilaf merupakan ungkapan suatu kesalahan atau kekeliruan yg kemungkinan besar terjadinya tidak di sengaja, bila terulang lagi dibarengi dg kesadaran itulah perilaku salah yg akan berimbas pada pertanggungjawaban.


Lupa didefinisikan ketidakmampuan mengingat pesan (pengetahuan dan pengalaman) yang pernah dilihat, didengar, dirasakan dan dialaminya, berarti memuat unsur tidak sengaja atau dalam kondisi tidak sadar, sehingga tanggung jawab lebih ringan, tapi orang yang cerdas akan berupaya melawan agar tidak menjadi pelupa.


Khilaf dan lupa tidak selayaknya menjadi sikap kewajaran bagi orang² yg berilmu dan beriman, berupaya menjaga kesehatan agar memiliki daya ingat dan daya tangkap, sebagai bentuk implementasi multi kecerdasan yg di miliki.


Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin

Semoga bermanfaat

Semoga kita selalu sehat 


Bojonegoro, 1 Desember 2023

SriMinarti10Bjn

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.