Latest News

Etika

 


Oleh : BundaSriMin 


Etika atau tata susila merupakan konsep penilaian sifat kebenaran atau kebaikan dari tindakan sosial berdasarkan pada tradisi yang dimiliki oleh individu maupun kelompok. Pembentukan etika melalui proses filsafat sehingga merupakan bagian dari filsafat. Unsur utama yang membentuk etika adalah moral.  (Wikipedia)


Dari definisi tersebut dapat diberikan pemaknaan bahwa unsur dari etika meliputi filsafat, ilmu dan moral atau dalam bahasa agama akhlak.


Filsafat merupakan induk dari segala ilmu, sehingga dapat diartikan sebagai  konsep atau cara pandang dunia beserta isi nya yg sesuai dg akal pikiran, artinya semua manusia paling awal untuk memiliki filosofi kehidupan yg benar harus diawali dari membaca (iqro') sebagaimana Islam mengajarkan, dg begitu akan memberikan wawasan dan terbangun keilmuan.


Ilmu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, sehingga diakui ke ilmiahan nya, dan dg ilmu akan mampu menyelamatkan setiap insan dari jurang kenistaan serta menjauhkan dari kehancuran.


Moral atau kebaikan- kebaikan yang sesuai dengan ukuran-ukuran tindakan yang diterima oleh masyarakat atau umum, sedangkan akhlak merupakan kebaikan yg didasarkan pada nilai norma agama Islam, akan terlihat pada tindakan atau perilaku keseharian, dan apabila sudah menjadi kebiasaan akan membentuk karakter.


Pada intinya agar mampu menjalani kehidupan dg kebaikan dan kebenaran awali dg banyak membaca karena itu akan membentuk konsep berfikir atau membaca dunia, kuasai ilmu akan menyelamatkan dan mengangkat derajat dalam menjalani kehidupan, dan hiasi diri dg Akhlakul Karimah memberikan kemanfaatan maka kebahagiaan akan selalu didapatkan, itulah etika yg mesti di bangun.


Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin

Semoga bermanfaat

Semoga kita selalu sehat 


Bojonegoro, 23 Januari 2024

SriMinarti10Bjn

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.