Latest News

Trotoar Untuk Pejalan Kaki

 


Salah satu kelengkapan dan keindahan kota, harus memiliki fasilitas umum yang lengkap. Diantaranya trotoar yang memadai, di kanan kiri jalan utama kota. Trotoar diperuntukkan bagi yang tidak menggunakan kendaraan. 

Selain sebagai lintasan masyarakat yang berjalan kaki, trotoar juga sebagai perlindungan penggunanya dari hilir mudiknya lalu lintas berbagai kendaraan. Bahkan trotoar juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi. Contoh yang paling ringan untuk foto diri atau pertemanan sosial.

Fasilitas umum yang ideal, tentu saja tidak diskriminatif. Artinya ramah untuk digunakan siapa saja dan aman bagi siapa saja, termasuk disabilitas. 

Hal ini berlaku juga pada trotoar, harus ramah untuk seluruh lapisan masyarakat mulai balita sampai lansia. Bahkan tersedia pula beberapa tempat duduk yang disediakan untuk istirahat sejenak. Demikian juga untuk warga yang normal ataupun yang disabilitas. 

Trotoar di jaman now, hampir semua sudah mengakomodasi semua unsur lapisan pengguna, sampai ramah disabilitas. Dan persyaratan lain yang menjunjung tinggi hak warga dan mengutamakan unsur keamanan yang sesuai ketentuan yang berlaku. 

Kemarin 22 Januari 2023 diperingati sebagai Hari Pejalan Kaki Nasional. Hal ini diberlakukan sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan dan memberi hak serta keamanan setiap warga negara. 

Diharapkan tidak ada lagi warga yang sewenang wenang menggunakan fasilitas umum untuk kepentingan pribadi. Fasilitas umum digunakan untuk kepentingan bersama. 

Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.