Latest News

7 Langkah Mudah Cegah Kanker

 


Oleh : dr achmad budi karyono

Hari Kanker Dunia atau World Cancer Day  diperingati setiap tanggal 4 Februari. Pada tahun ini menetapkan tema Hari Kanker Dunia 2024 'Together, We Challenge Those in Power', atau 'Bersama sama, kita tantang mereka yang berkuasa'. Kita berkolaborasi dengan pembuat kebijakan, agar penyakit kanker mendapat kepedulian yang wajar dan seimbang.

Seluruh stakeholder harus bertekad untuk merubah paradigma menuju dan menyepakati sesuai dengan harapan tema. Tidak hanya insan medis saja, tetapi lebih dari itu, terutama yang terkait dengan anggaran serta sarana dan prasarana yang tersedia untuk kelengkapan perawatan penderita kanker.

Dalam 2 tahun terakhir, tiga sahabat dekat direnggut oleh kanker kolon atau usus besar. Kanker saluran pencernaan ini termasuk ganas serta perjalanan penyakitnya cukup panjang, dan beberapa tahun terakhir ini angka kesakitan meningkat.

Beberapa jenis kanker dipicu oleh makanan yang mengandung bahan karsinogenik, bahan penyebab kanker. Bahan itu bisa berasal dari bahan organik, tetapi lebih banyak yang berasal dari bahan anorganik atau kimiawi.

Kita semua harus melakukan bersama untuk berusaha menurunkan angka kesakitan kanker di negeri tercinta ini, paling tidak kita mulai dari diri sendiri. Upaya awal yang sebaiknya kita kerjakan adalah melaksanakan Pola Hidup Sehat, yang antara lain mengatur hal rutin yang kita lakukan sehari hari.

Langkah umum menjaga kesehatan dan menghindari kanker yang sederhana dan mudah kita lakukan :

  1. Melaksanakan pola makan yang sehat
  2. Memilih makanan halal, higienis, bergizi, dari bahan organik sesuai kebutuhan tubuh
  3. Menghindari makanan dengan pengawet dan bahan karsinogenik 
  4. Menghindari minuman keras dan asap
  5. Menghindari bahan makanan dan makanan yang terpapar penyakit atau yang mengakibatkan penyakit
  6. Senam atau olahraga ringan yang teratur
  7. Istirahat yang cukup

Dengan melaksanakan langkah diatas, insyaAllah kita akan terhindar dari kanker. Sehingga bisa memangkas angka kesakitan berbagai jenis kanker yang saat ini cukup mencuat. Tidak sedikit bahan karsinogenik dan bahan berbahaya lain yang mengancam, bertebaran di sekitar kita, baik yang tercampur makanan atau peralatan serta mainan.

Kita tidak boleh berbangga dengan terlalu sering mengkonsumsi makanan modern yang tidak mengetahui komposisi bahan makan dengan jelas. Apalagi hanya menuruti karena viral di medsos dan terkesan kurang kekinian kalau tidak mencobanya. Lebih baik menyantap makanan yang sederhana, tetapi halal, higienis, bergizi serta mengetahui dengan benar kandungan dan proses memasaknya.

Dengan momen Hari Kanker Dunia 2024 saat ini, seluruh stakeholder harus sepakat agar meningkatkan kepedulian pada semua penderita kanker sesuai dengan prosedur kesehatan.Terutama penganggaran untuk mendukung sarana dan prasarana serta terapi yang dibutuhkan penderita kanker.

Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.