Latest News

Cegah Kanker Anak dengan Tepat

 


Oleh : dr achmad budi karyono 

15 Februari ditetapkan sebagai Hari Kanker Anak Sedunia. Dengan peringatan ini, kita bisa berusaha lebih mewaspadai dan mengenali kanker pada anak sejak dini. Kalimat yang penuh harapan dan semangat itu, ternyata memang tidak mudah untuk direalisasikan.

Kanker pada anak memang berbeda dari kanker yang dijumpai pada orang dewasa. Kanker pada orang dewasa dapat ‘dicegah’, sementara pada anak sulit dilakukan deteksi dini dan bahkan ‘tidak bisa dicegah’.

Perlu diketahui bahwa pola hidup dan pola makan yang sehat tetap harus diajarkan kepada anak-anak sejak dini. Bukan semata bertujuan mencegah kanker yang dapat timbul pada usia anak-anak, namun untuk mencegah agar pada saat mereka menginjak usia dewasa, dapat terhindar dari berbagai jenis kanker yang biasanya menyerang orang dewasa.

The International Union Against Cancer, atau lebih dikenal dengan Union for International Cancer Control (UICC), menganjurkan kepada orangtua agar mengajarkan anak-anak, antara lain untuk makan dengan pola gizi seimbang, dan mengikuti program imunisasi yang berlaku di negara masing-masing.

Himbauan tersebut bertujuan agar anak-anak itu saat menginjak usia dewasa dapat terhindar dari kanker paru, kanker usus besar, kanker hati, kanker leher rahim, dan jenis kanker lain yang hanya dapat terjadi pada usia dewasa. Inilah yang dimaksud bahwa kanker pada orang dewasa bisa dicegah.

Sedangkan pencegahan kanker pada anak, harus dimulai dengan pola hidup sehat orang tua nya. Dan tidak kalah pentingnya, kesehatan ibu hamil harus terpantau dengan baik.

Diharapkan setelah membaca sedikit informasi di atas, orangtua bisa semakin menyadari untuk menentukan langkah pencegahan pada kanker anak. Dan info yang singkat ini, akan menambah kewaspadaan wawasan orangtua tentang kanker pada anak.

Di era Revolusi Industri 4.0 yang sekaligus era Society 5.0 ini, hampir semuanya serba digital, termasuk sektor makanan. Disini lah pentingnya peran orang tua dalam mengarahkan anaknya tentang makanan sehat. Kita harus ‘melawan’ beragam sajian kekinian yang setiap saat muncul di berbagai medsos yang banyak mengundang selera muda yang menggoda. 

Oleh karena itu, kita harus tetap mengutamakan makanan sehat serta pola hidup sehat. Dan bertekad menghindari makanan yang mengandung bahan karsinogenik (bahan penyebab kanker), agar terjaga dari ganasnya berbagai macam jenis kanker.

Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.