Latest News

Peran Vital Radio

 


Oleh : drabudik


Radio : A Century Informing, Entertaining and Educating merupakan tema pilihan Hari Radio Dunia 2024, pada 13 Februari kemarin.


Dengan tema Radio : Seabad memberikan informasi, hiburan dan pendidikan, masyarakat dunia mengenang Hari Radio Dunia atau World Radio Day. Kita berikan apresiasi masa lalu radio dalam peran informasi, hiburan dan pendidikan, untuk masyarakat dunia.


Sebelum akhir abad 20, peran radio sangat penting dan mendominasi dalam tiga hal itu. Dengan mengerjakan sesuatu atau duduk santai atau sambil ngobrol, kita bisa mendapatkan tiga peran dan fungsi radio itu, hanya dengan mendengar nya.


Radio yang semula hanya bisa didengar di lokasi tertentu, karena ukuran yang cukup besar dan harus terkoneksi pada sumber listrik, akhirnya berubah. Dengan perkembangan teknologi di tahun 1960 an, radio mulai bisa berjalan kemana mana. Karena radio yang sebelumnya memakai tabung dan sumberdaya listrik, beralih ke transistor dengan sumberdaya baterai. Dan dimensi ukuran menjadi kecil, bahkan bisa dimasukkan saku saat itu.


Itulah peran vital radio saat itu yang tiada tandingnya. Saat ini tinggal kenangan, peran itu itu sudah tergantikan oleh podcast yang bisa di genggam kemana mana oleh setiap orang, bahkan oleh anak kecil sekalipun.


Saat itu radio hanya memiliki beberapa sumber saja, sebagai rumah atau studio siaran. Saat ini podcast bisa saja dipunyai oleh setiap orang, baik dengan siaran jadwal tertentu ataupun setiap saat bisa online.


Peran kejayaan radio saat itu telah memberi kontribusi masyarakat yang berusia lebih dari setengah abad. Tatanan kehidupan masyarakat saat ini masih mencerminkan peran positif radio saat itu. Dengan mengenang dan memperingati Hari Radio Dunia, kita bernostalgia betapa minim dan terbatasnya informasi kala itu. Namun kondisi kehidupan sosial masyarakat juga bisa tertata dengan penuh etika luhur.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.