Latest News

Kepekaan

 


Oleh : BundaSriMin


Bulan ramadhan banyak pelajaran berharga yg dapat diambil oleh umat Islam yg menjalankan puasa, diantaranya menumbuhkan sikap kepekaan.


Kepekaan berasal dari kata dasar 'peka' yg tergolong dalam adjektiva atau kata sifat. Terdapat empat yang menjelaskan arti peka dalam KBBI. Pertama, arti peka bisa berarti mudah merasa atau mudah terangsang. Kemudian, kata peka juga bisa berarti mudah bergerak atau tergerak.


Bagaimana bisa dg berpuasa manusia menjadi lebih peka, artinya jiwa (pikiran, perasaan/hati, emosi, khayalan, dan intuisi) mudah tergerak untuk melakukan sesuatu kebaikan, misalkan menolong, membantu, memberikan suatu barang atau jasa pada mahluk lain, karena saat orang lapar memiliki ketersinggungan yg tinggi, bagi orang beriman ketersinggungan bukan menjadikan mudah marah, tapi mengelolanya dg mengucap istighfar dan juga dg ringan atau mudah untuk berbagi pada orang yang merasakan hal sama sebagaimana yang dialami.


Segala kejadian adalah pelajaran penting, mereka yg kesusahan atau kesulitan sebenarnya melatih kepekaan kita untuk memberikan bantuan atau solusi, dan bukan untuk di jauhi, karena itu tanda bagi orang yang pandai bersyukur serta bertaqwa.


Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin

Semoga bermanfaat

Semoga kita selalu sehat 


Purwosari, 14 Maret 2024

SriMinarti10Bjn

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.