Latest News

Musik Tradisional Kita akan Punah?

 


Tanggal 9 Maret yang lalu, diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Pada tahun 2024 ini memilih tema ‘Merdeka berbudaya, memajukan musik Indonesia’.


Tema ini memang sangat beralasan, karena kondisi saat ini, sudah tidak banyak anak muda yang menyukai bermusik. Sebagian besar orang di negeri ini lebih senang dan berfokus pada smartphone. Karena semua hal apapun, berada di genggamannya, termasuk musik.


Namun sayangnya, sangat banyak yang hanya menjadi penikmat musik saja, dan itu pun musik dari negeri sana. Sedikit sekali yang berniat dan semangat memainkan peralatan musik, apalagi memainkan musik tradisional milik negeri tercinta ini.


Remaja yang menekuni musik negeri ini sangat sedikit. Sehingga ada rasa kekhawatiran, kita akan menjadi penonton musik sendiri di masa mendatang. Karena beberapa orang dari luar sana, mempelajari dan mendalami tentang musik tradisional kita, dan memainkan secara profesional pula.


Musik memang salah satu sarana hiburan bagi kita semua. Terlepas dari jenis musik apa yang disukai, setiap musik pernah hadir di kehidupan seseorang. Dan setiap bangsa di dunia ini, memiliki musik tradisional sebagai salah satu kreasi budaya bangsa. Alangkah baiknya bila hal ini bisa terpelihara serta dilestarikan dengan baik.


Selamat Hari Musik Nasional dan upaya untuk Memajukan Musik Indonesia dengan Merdeka Berbudaya yang bersemangat melestarikannya.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.