Latest News

Penyesuaian

 


Oleh : BundaSriMin


Hari pertama menjalankan puasa ramadhan, tentu banyak hal yg harus disesuaikan, mulai dari waktu makan atau istirahat dan kondisi fisik serta mental.


Penyesuaian kestabilan emosi jiwa, pengendalian keinginan yg kurang sesuai dengan ketentuan, mungkin akan lebih bijak untuk lebih banyak diam, dan kalau pun berucap hanya hal yg bermanfaat.


Penyesuaian kondisi fisik yg tidak sekuat saat sedang tidak berpuasa, karenanya mengatur keluar nya energi sebaik mungkin sehingga pada saat menjalankan ibadah sholat berjamaah dalam keadaan sehat dan bugar penuh semangat.


Penyesuaian waktu pada asupan nutrisi yang masuk di tubuh kita, agar tetap terjaga hingga kebugaran nya, maka aktivitas fisik yg berat sangat tdk dianjurkan, maka begitu indah Sunnah nabi untuk perbanyak puasa dua bulan sebelum ramadhan, agar saat memasuki bulan penuh kemuliaan, jiwa raga sdh siap menjalaninya.


Begitu indah dan mulia umat Islam, sdh disediakan waktu satu bulan penuh untuk membersihkan jiwa dan raga atau restart, agar menjadi manusia yg benar-benar bertaqwa (niat segala amalan karena Allah SWT, memiliki ilmu sebagai rujukan dalam menjalani kehidupan yg benar, Yaqin pada sang pencipta sebagai penentu takdir setiap makhluk, selalu bersyukur atas segalanya, dan bersabar merupakan ciri khasnya).


Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin

Semoga bermanfaat

Semoga kita selalu sehat 


Purwosari, 12 Maret 2024

SriMinarti10Bjn

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.