Latest News

Bumi Semakin Rapuh?

 


Oleh : dr achmad budi karyono 

Planet Vs Plastics merupakan tema dari Hari Bumi sedunia atau Earth Day pada 22 April 2024 hari ini. 

Tujuan tema ini berupa kampanye ajakan untuk menjaga kelestarian lingkungan sebagai bagian dari investasi atau harapan kehidupan di masa depan. 

Dalam bulan terakhir ini, disekitar pulau Bawean menjadi pusat gempa. Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya. Dan gempa itu bisa dirasakan sampai jauh di Palau Jawa pesisir Utara, yang selama ini adem ayem. Pertanda bumi semakin rapuh?

Isu lingkungan dan perubahan iklim masih menjadi fokus dan gerakan yang terus dikampanyekan dalam setiap perayaan Hari Bumi ini setiap tahunnya.

Sudah beberapa saat lalu, penduduk dunia sepakat perang terhadap plastik. Karena tidak ada sampah plastik, yang ada, plastik forever. Dengan kata lain, plastik tidak bisa hancur, tidak bisa daur ulang. Plastics is Plastics.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia lah yang merupakan salah satu pengguna planet bumi ini yang bisa mengatur pemanfaatannya agar tidak merusak lingkungan dan yang terkait. Planet bumi yang kita huni ini perlu perhatian dan perawatan lebih serius agar lebih terjaga kelestariannya.

Selain perang plastik, penduduk bumi juga harus berupaya mengurangi atau menghilangkan gas emisi karbon kendaraan bermotor, seperti nya negeri ini masih lamban dalam bergerak. Memang sudah ada langkah untuk beralih meniadakan gas buang dengan cara memanfaatkan energi listrik, namun masih banyak penawaran kendaraan baru yang menggunakan BBM.

Selain polusi udara, pencemaran perairan masih banyak kita dapati, baik di sungai maupun lautan luas. Hal itu juga terjadi di tanah atau lingkungan sekitar kita.

Negeri ini juga kaya angin dan kaya sinar matahari, namun masih jauh dari pemanfaatan. Hal ini sangat lah disayangkan. Sementara lebih banyak hal yang kurang mendukung kelestarian lingkungan, lebih dilakukan karena kepentingan tertentu.

Mari kita segera melangkah untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan agar anak cucu kita bisa mewarisi kehidupan di dunia ini dengan lebih aman. Serta kehidupan ini lebih beradab dan sehat segalanya.

Kita memang harus lebih bersyukur, karena bisa melaksanakan firmanNya di dalam QS 2:11 yang artinya, “Dan apabila dikatakan kepada mereka, ‘Janganlah berbuat kerusakan di bumi!’ Mereka menjawab, ‘Sesungguhnya kami justru orang-orang yang melakukan perbaikan’.”

Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.