Latest News

Ilmu dan Tirakat

 


Oleh : BundaSriMin


Ilmu menjadi alat untuk mendapatkan kemuliaan dan kehormatan serta terangkat derajatnya dalam semua bidang kehidupan manusia, sebagai ilustrasi: seorang pemimpin yg berilmu akan lebih humanis (memanusiakan orang yg dipimpin) dan bijaksana dalam bersikap serta adil ketika mengambil keputusan, karena yg dilakukan berbasis ilmu, berbeda dengan yang kurang ber ilmu, biasanya mereka akan mengandalkan ego dan emosinya agar terlihat berwibawa, menumbuhkan kesan ataupun pencitraan, seperti kebingungan karena arah dan tujuan nya belum jelas.


Kata tirakat merupakan jalan ikhtiar yg bersifat spiritual yaitu melakukan aktivitas mendekat pada sang pengendali kehidupan, mengurangi atau menghindari kemungkaran atau perbuatan yg sia-sia, agar tdk ada halangan terkabulnya doa ataupun harapan dan tujuan, contoh bentuk tirakat misalkan berpuasa sunah, tidak melihat hal-hal yang maksiat, menghindar dari hal yg mubazir dan sebagainya.


Riyadhoh atau tirakat merupakan sebuah laku spiritual yang biasa ditempuh seseorang guna mencapai sesuatu yang diinginkan. Kata “tirakat” merupakan penjawaan dari kata bahasa Arab, yakni thariqah yang bermakna jalan atau jalan yang dilalui.


Ilmu dan tirakat merupakan dua jalan sebagai syarat kesuksesan, kebahagiaan dan keselamatan manusia di dunia dan setelah nya.


Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin 

Semoga bermanfaat 

Semoga kita selalu sehat 


Bojonegoro, 20 April 2024

SriMinarti10Bjn

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.