Latest News

Mengatasi Kejenuhan Ibu RT

 


Oleh : DeNing K


Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang tiada habisnya. Rutinitas yang sama setiap hari bisa saja menghadirkan kejenuhan.

Waktu adalah sesuatu yang sangat tinggi nilainya, sesibuk apapun anda dalam kehidupan sehari-hari sebagai ibu rumah tangga tetaplah sisihkan waktu untuk menenangkan dan menyenangkan diri agar tidak jenuh dan bisa berpikir jernih.

 

Banyak kegiatan yang bermanfaat bagi para ibu rumah tangga yang memutuskan untuk tidak bekerja diluar rumah karena mereka lebih memilih mengurus keluarga, misalnya :


1. Bereksperimen di dapur dengan mencoba resep kesukaan yang didapat dari internet.

Hasilnya bisa di-posting di sosmed bahkan dijual. Sambil mengurus anak kita bisa berkreasi mengerjakan sesuatu yang baru. Resep bisa di dapatkan di internet dan di praktikkan dari yang sederhana dahulu. Di sosial media begitu banyak ibu-ibu yang membagikan kegiatan masaknya yang kreatif plus inovatif dan anti gagal. Tidak ada salahnya kita memanfaatkan waktu dengan memasak jika kita menemukan sisa bahan masak yang ternyata masih bisa diolah menjadi jenis makanan lain. Biasanya aktivitas memasak seperti ini hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam. Manfaat dari mencoba resep baru seperti ini dapat menghidupkan kegembiraan dalam memasak dan mengembangkan keterampilan memasak, sehingga tercipta variasi makanan di rumah.

2. Mendampingi anak bermain. 

Tak perlu banyak mainan yang kita beli, cukup kita dampingi dan ajari anak selama membutuhkannya. Mendampingi anak bermain adalah kebahagiaan yang sangat luar biasa. Banyak impian para ibu yang ingin menjadi ibu yang sempurna untuk anak-anaknya. Kita pun bisa penuh mendampingi anak-anak bermain seharian. Jadi, tanpa harus membelikan mainan yang banyak, kita bisa mengajarkan sesuatu yang menarik bagi mereka. Percayalah, hal ini akan menjadi kepuasan batin bagi seorang ibu.

3. Mengerjakan hobi yang tertunda.

Selain menambah karya, juga bisa menjadi penghasilan tambahan. Dulu saat bekerja, mungkin kita belum sempat mengerjakannya dan sekarang saatnya kita memulainya lagi. Hobi memasak , melukis, membaca, menjahit, merajut, atau lainnya bisa kita rintis kembali. Bisa juga dikerjakan saat waktu luang dan ingat ini akan menjadi karya terbaik di rumah. Bisa kita pajang atau kita jual untuk menambah penghasilan.

4. Menjadi seller online shop.

Peluang ini sangat menjanjikan karena kita tinggal memanfaatkan gadget. Rasanya ini yang menjadi profesi favorit ibu rumah tangga saat ini. Ya, menjadi seller online shop. Kegiatan ini memang sangat menjanjikan penghasilan yang sangat lumayan. Kita juga bisa memulai merintisnya sejak saat ini. Selain menghilangkan jenuh, juga akan menambah penghasilan. Kita bisa memanfaatkan sosmed untuk berjualan  atau situs-situs e-commerce yang berkembang saat ini. 

5. Kursus online atau webinar

Sejak masa pandemi, kursus online seperti menjamur di dunia maya. Tentu saja ini salah satu dampak positif dari himbauan sosial distance yang berlaku dimasa pandemi. Ada banyak tema yang ditawarkan pada kursus online maupun webinar yang cocok untuk ibu rumah tangga. Tema yang menarik yang bisa diikuti adalah bagaimana mengatur keuangan, menerapkan pola hidup minimalis, food preparation, metode menabung, tips parenting dsb.

Biaya pendaftaran untuk kursus seperti ini sangat terjangkau, selain menambah wawasan kita juga mendapatkan banyak relasi baru dari dunia maya.

6. Olahraga atau Peregangan

Untuk menjaga kesehatan fisik dan mental sebagai ibu rumah tangga kita bisa melakukan aktivitas fisik seperti olahraga atau peregangan walaupun hanya 15 menit, tidak perlu setiap hari (3-4 kali sepekan sudah cukup). Aktivitas kecil seperti ini sangat bermanfaat, dapat meningkatkan energi dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Olahraga juga dapat dilakukan di rumah dan di luar rumah yaitu dengan berjalan si sekitar rumah .

7. Beribadah

Banyaknya waktu luang di rumah bisa dimanfaatkan dengan menambah wawasan agama agar kita lebih dekat pada Sang Pencipta.


Memanfaatkan waktu dengan bijak bukanlah sekadar soal produktivitas, tetapi juga tentang menciptakan keseimbangan yang sehat antara berbagai aspek kehidupan. Penting bagi setiap individu, termasuk ibu rumah tangga, untuk memiliki strategi yang efektif dalam mengelolanya.


Semoga kita selalu sehat.




No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.