Latest News

Minat Baca pada Anak

 


Hari ini 2 April diperingati sebagai Hari Buku Anak Internasional, dan tahun 2024 ini memilih tema 'Cross the Seas on the Wing of your Imagination', Seberangi Lautan dengan Sayap Imajinasi mu.



Di era transformasi digital saat ini, seperti sudah jarang sekali atau bahkan tidak ada anak yang bersemangat untuk membaca. Namun kita sebagai orang tua, sebaiknya selalu menjaga agar tetap bersemangat membaca buku khusus anak, ditengah membanjirnya gadget disekitar kita



Menumbuhkan minat baca pada anak di era Society 5.0 membutuhkan strategi yang tepat dan disesuaikan dengan perubahan zaman. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan :


Mulai dari usia dini

Membiasakan anak membaca buku sejak dini dapat membantu meningkatkan minat baca mereka di kemudian hari. Orang tua atau pengasuh bisa membacakan buku anak sejak mereka masih bayi.


Pilih buku yang sesuai dengan minat anak

Pilih buku yang sesuai dengan minat anak agar anak lebih tertarik membaca. Tanyakan kepada anak tentang topik apa yang mereka sukai, dan pilih buku yang relevan dengan topik tersebut.


Jadikan membaca sebagai kebiasaan

Membaca buku seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Orang tua atau pengasuh bisa menunjukkan contoh dengan membaca buku di depan anak dan menjadikan membaca sebagai kebiasaan sehari-hari.


Berikan motivasi

Berikan motivasi kepada anak untuk membaca dengan memberikan pujian dan hadiah ketika anak berhasil membaca sebuah buku atau menyelesaikan sebuah cerita.


Manfaatkan teknologi

Di era Society 5.0 ini, teknologi dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membantu menumbuhkan minat baca pada anak. Misalnya, dengan memanfaatkan aplikasi atau platform online yang menyediakan buku-buku digital yang menarik.


Berikan akses pada berbagai jenis buku

Orang tua atau pengasuh juga harus memberikan akses pada berbagai jenis buku seperti cerita fiksi, nonfiksi, buku bergambar, buku komik, dan lain-lain agar anak dapat memilih jenis buku yang sesuai dengan minat mereka.


Ajak anak bergabung dengan klub baca

Mengajak anak bergabung dengan klub baca atau komunitas membaca dapat membantu meningkatkan minat baca anak dan memperluas wawasan mereka.


Dalam hal menumbuhkan minat baca pada anak di era Society 5.0, sangat penting untuk menggabungkan strategi belajar online dan offline agar dapat memaksimalkan efek dari strategi tersebut. Membaca juga berarti melatih kesabaran kita semua.



Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.