Latest News

Potensi Ekonomi Laut

 


oleh : drabudik

Hari ini 8 Juni 2024 ditetapkan sebagai Hari Laut Dunia atau World Oceans Day (WOD). Dan pada tahun ini memilih tema ‘Laut Sehat Manusia Berdaya’.

Dunia yang kita pijaki ini, sebagian besar terdiri dari lautan, dan lautan lebih luas 2,5 kali lipat dari daratan. Hal ini menurut sebuah sumber, ternyata sudah tersirat dalam Al Qur’an yang menyebut lautan sebanyak 32 kali, sedangkan daratan disebut dalam 13 kali saja. Bilangan itu mengisyaratkan perbandingan luasan darat dan lautan, yang ternyata menurut para pakar ilmu pengetahuan akhirnya bisa dibuktikan bahwa luas lautan di bumi ini 71,11% dan daratan hanya 28,89%, SubkhanaAllah.

Kehidupan laut memang merupakan salah satu bagian kehidupan bangsa kita tercinta ini. Sejak ribuan tahun lalu, bangsa kita sudah dikenal sebagai bangsa maritim. Banyak kehidupan yang dilakukan dengan melintas maritim. Bahkan saat kejayaan kerajaan Sriwijaya, Mojopahit dan Singosari sebagian wilayah kerajaan itu merupakan lautan. Dan kekuatan pasukan maritim pada saat itu sangat bisa diandalkan.

Sampai saat inipun rakyat kita di sepanjang pesisir telah menggantungkan kehidupannya pada sumber daya laut. Di era ini laut juga berpotensi ekonomi yang cukup tinggi dari kacamata bisnis pariwisata.

Di dalam laut, tersedia sumber pangan penting yang dibutuhkan manusia seperti protein, energi dan mineral serta berbagai biota laut merupakan produk yang bermanfaat bagi masyarakat dunia. Dan lautan juga penghasil oksigen kita, berperan mempengaruhi kondisi cuaca dan arus energi alami serta nutrisi di seluruh dunia.

Lautan juga bernilai ekonomis karena sebagai penyedia sarana transportasi bagi sebagian penghuni bumi ini. Tanpa adanya lautan yang luas, kehidupan di Bumi akan timpang dan diragukan kelestariannya.

Laut harus kita kelola dengan baik, tidak boleh kita perlakukan sebagai tempat pembuangan limbah, agar ekosistem laut tetap terjaga. Karena terkadang tanpa sengaja atau dengan sengaja, ulah sebagian warga pesisir bisa berdampak merusak ekosistem laut.

Oleh karena itu kita berkewajiban menjaga kelestariannya, menjaga ekosistem kehidupan laut, mencegah kerusakan yang dilakukan karena kepentingan sesaat. Laut yang sehat memiliki ekosistem yang beragam dan habitat yang bisa mendukung kehidupan laut, sehingga kehidupan seluruh biota laut tidak terancam. 

Menjaga kepunahan salah satu penghuninya, sebagai contoh adalah mangrove, terumbu karang dan penghuni sekitarnya, yang akhir akhir ini sangat terancam kepunahannya. Kita perlu menjaga lautan karena tanpa nya tak akan ada kehidupan di Bumi.

Inilah makna Hari Laut Dunia, agar kita menjaganya, dengan harapan ekosistem laut akan berfungsi dengan baik. Sehingga tidak akan mengganggu kehidupan dan kesehatan umat manusia penghuni dunia. Laut juga tempat kehidupan dan mencari kehidupan negeri ini sejak ribuan tahun yang lalu. Oleh karena itu, kedaulatan laut harus kita kawal dengan baik dan ketat, pantang dibobol siapapun dari negara lain.

Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.