Latest News

Insecure, Suatu Kedaruratan?

 


Oleh : DeNing K


Insecure adalah suatu keadaan dimana seseorang yang merasa tidak aman. Rasa tidak aman atau insecure sendiri bisa terjadi pada diri setiap orang disaat sedang merasa kekurangan, malu, bersalah, bahkan sampai rasa tidak mampu akan melakukan sesuatu. Ketika perasaan tidak aman ini mengendalikan diri, maka hal ini akan memicu perasaan semakin tidak percaya diri yang ada pada diri seseorang.



Insecure merupakan perasaan tidak aman, dimana seorang individu merasa tidak percaya diri (inferiority), takut, cemas (anxiety) akan suatu hal yang dipicu oleh rasa tidak puas dan tidak yakin akan kapasitas diri sendiri .Berbagai macam perasaan insecure pada umumnya terjadi berhubungan dengan diri sendiri (inner circle), sosial (social circle), dan realita kehidupan.


Adapun yang berhubungan dengan diri sendiri yaitu :


1. Rendah diri (Inferiority Feeling)

Inferioritas adalah perasaan rendah diri, tidak aman (Insecure), tidak mantap, tidak tegas, merasa tidak berarti sama sekali, dan tidak mampu memenuhi tuntutan-tuntutan hidup.


2. Takut

Rasa takut akan timbul oleh adanya ancaman, sehingga seseorang akan menghindarkan dirinya dari ancaman tersebut.


3. Cemas (Anxiety)

Kecemasan (anxiety), didefinisikan sebagai perasaan campuran berisikan ketakutan dan keprihatinan mengenai masa-masa mendatang tanpa sebab khusus untuk ketakutan tersebut serta bersifat individual.


Selanjutnya perasaan insecure Social circle yang berhubungan dengan interaksi sosial (seperti bullying, perasaan kesepian dan tidak mendapatkan dukungan).


Sedangkan Outer circle yaitu yang berhubungan dengan realita kehidupan (seperti ketidak pastian masa depan, ketakutan akan kejahatan).


Adapun ciri-ciri atau tanda-tanda insecure dapat dilihat dari perubahan tingkah laku pada individu yaitu :


1. Tidak ingin keluar dari zona nyaman

2. Gemar membandingkan diri dengan orang lain

3. Memandang rendah diri sendiri

4. Harus mendapat pujian dan pengakuan dari orang lain

5. Menghindari interaksi dengan orang lingkungan sekitar


Beberapa cara mengatasi agar kita tidak merasa insecure :


1. Fokus dalam menjadi dan mencintai diri sendiri. 

Hal ini bertujuan agar memudahkan langkah kedepannya untuk bisa mengetahui dan mengembangkan apa yang sebenarnya menjadi passion dalam diri. Harapannya adalah agar bisa fokus dengan tujuan dan proses dari diri sendiri.


2. Jangan membandingkan diri dengan orang lain.

Membanding bandingkan diri dengan orang lain tidak selamanya berujung negatif tetapi umumnya banyak energi yang terbuang akibat kita sering melakukannya.


3. Kelilingi diri dengan orang yang supportif.

Lingkungan pertemanan dan cara bergaul merupakan salah satu faktor yang menentukan sifat dan karakteristik dalam hidup. Memiliki teman yang suportif akan memudahkan kita untuk bisa lebih berpikiran positif dan menjauhkan diri dari pikiran insecure.


4. Temukan kelebihan dan keunikan pada diri.

Mencoba untuk mencari kelebihan dan keunikan pada diri akan lebih bermanfaat dibandingkan hanya fokus membanding bandingkan diri dengan orang lain karena bisa jadi kelebihan dan keunikan yang dimiliki mempunyai value yang sangat tinggi dan berguna untuk kedepannya.


5. Selalu bersyukur.

Dengan bersyukur banyaknya beban pikiran akan perlahan berkurang dan hilang seiring dengan berjalannya waktu.


Bagaimana dengan diri anda, keluarga anda serta sahabat anda? Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

Sumber : bimawa.uad.ac.id.

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.