Latest News

Kebutuhan Buah Sangat Vital

 


oleh : dr achmad budi k

Pada hari ini 1 Juli diperingati sebagai Hari Buah Internasional

Negeri ini kaya dengan tetumbuhan dan pepohonan, yang antara lain tanaman buah buahan. Beraneka macam buah secara bergantian seakan ‘menghidangkan’ kepada kita semua, sesuai musimnya pada penduduknya yang ramah dan baik. Mulai keres, kedondong, jambu, kesemek, jeruk, pepaya, mangga, apel, belimbing dan lain lain sampai anggur seakan semua itu bisa ‘tukul tanpo tinandur’.

Di pelosok manapun bisa dijumpai buah, dan bisa saja setiap daerah mempunyai unggulan buah yang dihasilkan. Bahkan dalam satu Kabupaten, bisa memiliki beberapa jenis buah unggulan.

Buah sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Kandungan aneka vitamin dan unsur yang ada di dalamnya seakan tidak bisa tergantikan oleh vitamin produksi pabrik.

Pada momen peringatan Hari Buah Internasional ini, setidaknya kita maknai sebagai cambuk untuk lebih meningkatkan lagi pemahaman rakyat negeri ini akan betapa pentingnya akan kebutuhan buah. 

Apalagi Allah SwT sudah menginformasikan kepada kita dalam QS Al Baqarah 2:25 bahwa buah merupakan salah satu makanan yang ada di surga.

Tetapi kita masih ‘kurang peduli’ dalam pengelolaan buah di negeri subur makmur ini. Tertinggal oleh negeri tetangga yang buahnya penuh dengan keunggulan. Negeri kita jauh tertinggal terkait budidaya, rekayasa ataupun intensifikasi perbuahan. Dan sebagian dari kita masih terlalu bangga kalau bisa mendapatkan buah import, termasuk dari negeri tetangga kita itu.

Buah di negeri ini memang masih harus lebih diberdayakan, dibudi dayakan, dikelola lebih profesional tanpa terlalu di rekayasa. Dan yang sangat penting adalah pemasaran, harus lebih proaktif. 

Saat ini sudah mulai diadakan event tertentu terkait panen buah. Festival buah yang dikemas secara entertain yang menambah daya pikat wisatawan. Dan yang tidak kalah pentingnya sebenarnya adalah quality control terhadap hasil panen. Perlu sortir mana yang bisa dipasarkan langsung atau mana yang harus dikemas dalam bentuk lain.

Kekurangan buah pada tubuh seseorang bisa memicu beberapa penyakit. Oleh karena itu di Hari Buah ini mengingatkan, jangan sampai rakyat di negeri yang kaya dengan buah ini tidak mendapatkan buah karena tidak terbeli disebabkan faktor ekonomi. Sirnakan peribahasa ‘bagai ayam mati di lumbung padi’. Karena buah merupakan salah satu unsur makanan yang dibutuhkan tubuh kita yang termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna.

Saat ini sudah cukup banyak kios penyedia buah semi ‘cepat saji’, seperti soup buah ataupun aneka jus buah, yang lumayan terjangkau masyarakat. Buah harus dikonsumsi setiap orang setiap hari untuk kebutuhan tubuhnya agar terjaga kesehatannya.

Buah harus dikelola secara profesional agar kualitas dan tampilan serta mutu terjaga dan lebih menggoda selera.

Dan begitu pentingnya buah, Nabi Ibrahim berdoa di tanah yang tidak ada pohon buah, agar dicukupi dengan buah untuk kita semua. Dan berkat doa itu, bisa kita rasakan saat ini di tanah suci, dalam QS Ibrahim 14:37.

Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.