Latest News

Kita Mandi Dengan Air Sungai?

 


Oleh : drabudik

27 Juli sebagai Hari Sungai Nasional.

Sungai sebagai salah satu unsur alam lingkungan hidup kita, ada yang memandang positif dan ada pula yang menganggap negatif. Pandangan positif, karena sungai mendukung kehidupannya. Sebaliknya, karena selalu merugikan dirinya, banyak juga yang menganggap sungai sebagai sumber petaka terhadap dirinya.

Di dalam kehidupan manusia, di manapun berada, entah jauh atau dekat, tidak bisa dipisahkan dengan aliran sungai. Sungai merupakan salah satu bagian dari ekosistem kehidupan manusia. Baik atau kumuhnya sebuah sungai, sesungguhnya bisa menjadi cermin diri kita.

Mungkin kita lupa atau melupakan, atau mungkin tidak mengetahui. Bahwa salah satu sumber air kebutuhan rumah tangga kita, berasal dari sungai. Paling tidak sebagai air MCK hampir semua warga kota.  Tidak perlu kaget, kalau kita mengamati beberapa saat, apa saja yang larut di dalam sungai yang kita andalkan itu. Apakah kita sudah memperlakukan dengan wajar atau dengan baik.

Peringatan Hari Sungai ini dipandang penting, karena untuk mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya memperlakukan sungai dengan penuh kebaikan. Sungai bukan tempat sampah, sungai bukan WC, dan lebih parah lagi, sungai bukan tempat pembuangan air limbah.

Sungai harus kita perlakukan dengan baik, seperti halnya kita memelihara lingkungan milik kita sendiri. Apakah kita tidak pernah memimpikan memiliki sungai yang bersih serta bening. Sungai yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis ikan yang berwarna warni.

Sungai bisa menjadi sumber komoditas, kalau kita rawat dengan baik. Apalagi bisa kita jaga kebersihan dan kejernihan airnya. Kalaupun tidak atau belum bisa menjaga kejernihannya, sungai yang bersih bisa kita manfaatkan sebagai tempat wisata air. Seperti halnya di negara tetangga, memanfaatkan sungai sebagai wisata air di malam hari.

Saat ini, anak negeri ini sudah memanfaatkan lingkungan sekitar sungai. Mereka sudah mulai merubah lokasi sekitaran sungai yang sebelumnya kumuh, bahkan sering kita jumpai sederetan tempat 'nongkrong', menjadi destinasi yang dicari dan dirindukan. Bahkan sebagai lokasi favorit sebuah kuliner yang viral.

Dengan momen Hari Sungai Nasional 2024 ini, negeri ini yang memiliki sekitar 6000 sungai, akan lebih tergugah untuk memperlakukan sungai dengan baik dan sewajarnya. Minimal sungai di sekitar kita. 

Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.