Latest News

Upgrade Ulang Bawah Sadar

 


0leh : DeNing K


Pikiran bawah sadar adalah bagian tak terlihat dari pikiran yang memiliki pengaruh kuat terhadap tindakan, keputusan, dan emosi kita. Pikiran bawah sadar dapat membentuk keyakinan, pola pikir, dan kebiasaan kita. 

Ketika pikiran bawah sadar menerima suatu ide, maka ia akan otomatis menjalankannya.

Pikiran bawah sadar bekerja bukan hanya untuk hal-hal yang positif, akan tetapi juga untuk hal-hal negatif.


Manfaat pemrograman ulang bawah sadar adalah kita dapat mengubah keyakinan dan kebiasaan yang sudah terinstal lama pada pikiran bawah sadar agar selaras dengan kehidupan yang kita inginkan.

Seringkali yang menjadi penghalang, adalah adanya program dan keyakinan yang tanpa kita sadari telah lama tertanam pada pikiran kita.

Sesuai namanya, upgrade adalah pemindahan ke level yang positif. Jadi kalau kita melakukan upgrade program pikiran bawah sadar maka programnya diharapkan bisa naik level lebih baik dan bukan justru turun.


Sudah menjadi keharusan sebelum memulai upgrade kita harus masuk ke dalam pikiran sadar untuk move in, yaitu memikirkan diri sendiri untuk memilih program yang terbaik buat dirinya sendiri.

Pastinya ini penting dan wajib, karena kita harus sadar dahulu apa yang akan kita upgrade, dengan kata lain mencari jawaban dari apa yang akan kita perbaiki?

Tentu jawabannya bisa sangat beragam, bagi sebagian kita ada yang ingin memperbaiki hubungannya, keuangannya, cara pandangnya, kesehatannya, kesuksesannya, spiritualitasnya.

Apapun itu semuanya sah-sah saja.

Ingat yang diupgrade satu progam dulu, jangan memasukkan terlalu banyak program sekaligus. Karena itu tidak sesuai dengan sistem operasi otak kita.

Otak sangat pintar dalam pekerjaan multitasking. Tetapi, otak manusia selalu menseleksi hal yang paling anda anggap penting dahulu.


Berikut ini lima hal yang bisa dilakukan untuk memprogram kembali pikiran bawah sadar kita. 


1. Menuliskan Rencana dan Keinginan

Ambil kertas atau buku, mulailah menuliskan keinginan kita secara bebas dan detail. Apapun yang ingin kita tuliskan mulai dari jalan hidup dan kebiasaan baru, masa depan yang kita inginkan, pekerjaan yang kita inginkan, rumah, kendaraan atau mobil tertentu yang kita inginkan. Pastikan bahwa detailnya jelas dan jernih di pikiran kita. Pikirkan dan rasakan sesuai apa yang kita tulis di kertas.



2. Buatlah kata kata afirmasi positif bisa didapat dari yang sudah ada atau bisa kita buat sendiri. Seperti "Saya layak mendapatkan kesuksesan dan keberuntungan", "Uang mudah saya dapatkan", "Saya selalu sehat, bugar dan awet muda", "Saya tangguh menghadapi segala tantangan" dan sebagainya.

Jangan pernah menyepelekan kekuatan kata-kata. Sebuah pepatah mengatakan bahwa kalimat atau kata-kata yang kita yakini dan ucapkan terus-menerus akan berubah menjadi doa. Hal tersebut benar adanya dikarenakan setiap kalimat yang sering kita ucapkan maupun yang hanya kita pikirkan akan direkam oleh alam bawah sadar kita.


.

3. Visualisasi adalah tindakan untuk menciptakan tentang gambaran dan tujuan yang ingin diwujudkan dengan membayangkan bagaimana suatu peristiwa tertentu akan terlihat.

Tehnik visualisasi merupakan salah satu hal yang paling penting untuk mengaktifkan alam bawah sadar manusia. Begitu kita telah memiliki gambaran yang jelas dalam pikiran kita tentang apa yang diinginkan, kebiasaan dan keyakinan apa yang ingin dirubah maka kita akan dapat memulai menerapkan dan menciptakannya. Kita dapat menggunakan foto, gambar, video yang mewakili keinginan yang ingin kita visualisasikan. Bisa juga kita tambahkan audio, seperti brain wave atau lagu-lagu dengan lirik yang memotivasi dan memberikan memori akan suatu keadaan yang kita inginkan. 


4. Hentikan kegiatan apapun yang  bertentangan dengan keinginan baru kita.

Dengan kesadaran dan kekuatan niat segera ambil pilihan dan keputusan mulai sekarang untuk memilih kebiasaan yang sesuai dengan tujuan baru kita. Misalkan jika kita ingin menghilangkan kebiasaan membuka handphone saat bangun tidur maka sebelum tidur lebih baik matikan handphone dan letakkan jauh dari tempat tidur kita.


5. Memilih Waktu yang Tepat

Waktu yang tepat untuk visualisasi dan afirmasi adalah saat diri kita tengah berada dalam fase setengah bangun (half awake) pada pagi hari dan setengah mengantuk,karena otak  kita dalam keadaan alpha Disinilah merupakan waktu yang paling tepat untuk memprogram ulang pikiran bawah sadar karena lebih mudah dalam menyerap sugesti yang diberikan.


Itulah beberapa cara jitu untuk mereposisi alam bawah sadar, terutama yang selalu menghantui kita. Apalagi kalau gangguan itu bisa kita minimalkan, hambatan dari intern diri kita akan berubah menjadi semangat yang kuat.

Semoga kita selalu sehat 

Sumber : studiilmu.com

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.