Latest News

Arthritis Tidak Sembuh secara Instan



Oleh : drabudik

Hari ini 12 Oktober 2024 diperingati sebagai Hari Arthritis Dunia atau World Arthritis Day.

Tema pada peringatan kali ini adalah 'Pilihan yang Tepat, Hasil yang Lebih Baik'. Hal ini mengingatkan kepada kita semua, agar lebih bijak dalam menyikapi berbagai informasi yang bertebaran di dumay. Karena di era digital ini, siapapun bisa menawarkan 'solusi' terapi penyakit radang sendi ini atau penyakit rematik dan muskuloskeletal (Rheumatic and Musculoskeletal Disease = RMD).

Peringatan ini untuk memberi suport atau menghibur pada jutaan orang yang menderita Arthritis, dengan rasa sakit yang yang terus menerus, yang banyak dialami di usia senja. Apalagi orang dengan berat badan yang berlebih. Mereka juga terbatasi pergerakan atau mobilitasnya.

Arthritis merupakan kondisi suatu peradangan sendi, sehingga menyebabkan pergerakan sendi menjadi sangat terbatas.

Peradangan sendi ini sering disebabkan karena peningkatan kadar Asam urat, Osteoarthritis, Rheumatoid arthritis, dan Lupus. Penyakit inilah yang menjadikan sangat menyakitkan dan membelenggu aktifitas penderitanya.

Jutaan orang di seluruh dunia terkena artritis, sehingga kehidupan mereka berubah. Mereka memimpikan akan bisa mendapatkan ganti ‘sendi buatan’ baru, yang bisa menggantikan persendiannya yang rusak. Karena selain tidak bisa atau kurang bisa digerakkan, juga merasakan sakit yang terus-menerus dari persendian yang meradang.

World Arthritis Day ini, untuk mengingat dan meningkatkan kesadaran akan kondisi dan kesakitan yang berlebihan dan berkepanjangan, sampai bisa mempengaruhi atau mengubah kebiasaan dan kehidupan.

Penggantian sendi merupakan salah satu alternatif akhir untuk pemulihan, namun jangan bermimpi bisa aktifitas seperti sedia kala. Dan anggaran yang dibutuhkan kurang bisa terjangkau dan bisa saja kurang sesuai harapan.

Pada umumnya memberikan terapi arthritis, sesuai dengan keluhan yang disampaikan oleh penderita, setiap individu akan berlainan. Bahkan obat yang seharusnya hanya digunakan seperlunya, sering kali diartikan sebagai obat untuk jangka waktu yang panjang. Hal ini tentu saja akan menimbulkan dampak yang tidak diharapkan.

Sungguh tidak nyaman dan terkekang kesakitan bila menderita arthritis ini. Namun jauh sebelumnya, sangat tidak atau kurang disadari dan kurang mengindahkan agar bisa terhindar dari penyakit yang sangat nyeri ini. Padahal perjalanan penyakit ini panjang, tidak datang dengan tiba-tiba. Sehingga peran merubah diri sangat penting, dengan mengesampingkan banyak zona nyaman atau merubah kebiasaan.

Sebaiknya konsultasi pada dokter keluarga, baik pada kondisi sehat atau saat timbul gejala yang mulai muncul dan mengganggu. Dan yang paling penting adalah harus bisa dan komitmen untuk merubah diri, agar terhindar dari arthritis yang sangat menyiksa ini.

Penentuan terapi yang tepat, akan memperoleh hasil yang baik, apabila bisa merubah pola makan yang sehat dan sesuai individu.

Semoga kita selalu sehat. (Abk)

No comments:

Post a Comment

Suara Medika Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by 5ugarless. Powered by Blogger.